Sunday, November 1, 2015

Wow, 7 Manfaat Rahasia dari Jahe Yang Wajib Kamu Ketahui

Jahe, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini.jahe memang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan,jahe merupakan tanaman rimpang yang berbentuk seperti jemari, namun menggembung pada bagian ruas – ruas tengahnya. Rasa pedas yang disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron ini memiliki khasiat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.Namun itu hanya secuil manfaat dari rempah – rempah yang satu ini,ada banyak manfaat jahe yang mungkin belum kamu ketahui.Berikut manfaat jahe yang gak boleh kamu lewatkan.

Manfaat jahe
Jahe via infoagribisnis.com

1. Menghangatkan Badan

Bukan rahasia umum lagi jika jahe memiliki khasiat menghangatkan badan, rasa pedas pada jahe akan membuat badan kita menjadi hangat. Dengan meminum segelas wedang jahe dipagi hari dapat mengusir rasa dingin dan membuat tubuh berasa segar.


2. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe memiliki gingerol, senyawa ini memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya penggumpalan darah. Nah jika kamu memiliki penyakit darah tersumbat mengonsumsi jahe dapat mengobatinya. Tenang obat lamai tidak akan memberikan efek samping yang serius. 


3. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Tau gak kalo penyumbatan darah merupakan penyebab utama stroke ?. jahe akan menstimulasi sirkulasi darah dan menggerakkan darah ke peripheral.  Dengan cara tersebut senyawa yang ada pada jahe menghambat platelet sehingga stroke dan serangan jantung dapat dihindari. Nah dengan mengomsumsi wedang jahe secara rutin kamu sudah mencegah dua penyakit berbahaya ini, ingat ya mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

 

4. Jahe Ternyata Bisa Mencegah Timbulnya Kanker lho

Maksud dari kotoran dalam tubuh bukan buang air besar ya, melainkan senyawa – senyawa jahat yang nenempel ditubuh kita. Dengan meyeduh tiap hari secara teratur tubuh kita akan mengeluarkan keringat nah keringat yang keluar inilah senyawa senyawa merugikan dalan tubuh ikut terbawa.

 

5. Manfaat Jahe Selanjutnya Membuang Kotoran Tubuh

Maksud dari kotoran dalam tubuh bukan buang air besar ya, melainkan senyawa – senyawa jahat yang nenempel ditubuh kita. Dengan meyeduh tiap hari secara teratur tubuh kita akan mengeluarkan keringat nah keringat yang keluar inilah senyawa senyawa merugikan dalan tubuh ikut terbawa. 



6. Kalo Kamu Batuk atau Demam cobalah Menyeduh Jahe

Saat tubuh kamu batuk atau deman jangan langsung mengomsumsi obat dahulu cobalah menyeduh jahe siapa tau demam dan batuknya reda . batuk dan deman disebabkan oleh virus dan bakteri jahat nah sebelumnya kan udah dibahas bahwa jahe memiliki nutrisi yang dapat mengusir sel – sel jahat termasuk virus dan bakteri. 


Salah satu Manfaat Jahe
Wedang Jahe via vemale.com
  

7. Jahe Punya Manfaat Meredakan Sakit Kepala

Kamu tentunya pernahkan merasakan kepala terasa sakit secara tiba – tiba ?. nah untuk meredakannya cukup mudah ambil beberapa siung jahe merah lalu tumbuk namun tidak terlalu hancur setelah itu seduh dengan air panas. Niscaya sakit kepalamu akan mereda.


salah satu Jenis Jahe
Jahe Merah via agrobisnis.net


Nah gimana sekarang udah tau kan manfaat jahe ? tumbuhan alam memang sangat bermanfaat bagi kesehatan namun kurangnya informasi membuat kita lebih memilih obat kimia disbanding obat alami, padahal obat alami mempunya kelebihan tidak memiliki efek samping serius. Contohnya ya jahe ini. Sekian semoga artikel ini menambah informasi dan berguna untuk kamu :D

No comments:

Post a Comment