Kamis, 29 Oktober 2015

Urungkan saja niatmu mendaki gunung, kalo masih punya kebiasaan ini

Gunung, mendadak tenar sejak banyak tulisan - tulisan dengan background puncak yang sangat mengagumkan beredar disosial media. Foto - foto panorama puncak nan indah dengan lautan awannya yang menyejukkan mata atau penampakan matahari terbit rupanya telah menggoda banyak orang untuk mendaki gunung dan mencumbui puncak.

kata mutiara pendaki gunung
Kata - kata pendaki gunung via ceritagie.files.wordpress.com

Sobat pasti setuju sekarang ini gunung tak semempesona tak semenggoda dulu. penyebabnya tak lain dan tak bukan akibat ulah kebiasaan buruk dan tangan - tangan tak bertanggung jawab yang ngaku - ngaku akulah pecinta alam sejati.

Nah jika sobat masih melakukan kebiasaan berikut ini lebih baik urungkan saja niat mendaki gunung. yuk simak kebiasaan apa saja itu :

Sobat masih punya kebiasaan buang sampah sembarangan

Akhir - akhir ini banyak banget ya sob, berita tentang sampah - sampah pendaki yang bikin kita bukan pendaki jadi ikutan miris, sial banget nasip si gunung itu salah apa coba dia ?. Gunung yang indah bisa sirna keindahannya cuma gara - gara sampah.

Gini sob kalo gunung itu kita  ibaratkan rumah kita, terus ada tamu banyak dan mereka cuma buang sampah kira - kira sobat sedih gak ? pastinya sedih dong " dalam hati sobat pasti bicara gini mending deh gausah maen kerumah daripada nyampah doang bikin repot aja".

Nah jika sobat masih belum bisa membiasakan buang sampah pada tempatnya mendingan jangan deh mendaki gunung.kasian anak cucu kita pasti ogah kalo gunung yang mau mereka daki penuh dengan sampah.

Sampah Para Pendaki
Sampah digunung via klikkabar.com


Masih bertingkah kayak anak mami nyuruh temen nyiapin perlengkapanmu

Sob, teman kamu juga punya kesibukan mempersiapakan bahan untuk dirinya sendiri. Alangkah baiknya sobat menghargai itu. Bukan malah bertingkah kayak anak mami yang nyuruh - nyuruh teman mempersiapakan ini itu.

Lagian kan kebutuhan temenmu dan sobat mungkin berbeda kan kesannya jadi tambah merepotkan iya kalo sama sih gak papa, untuk kali ini saja sih menurutku. Namun diagenda mendaki selanjutnya sobat pasti gak bakalan diajakin lagi. Nah sobat yang ngalamin gak diajakin mendaki lagi mungkin ini nih penyebabnya. instropeksi diri aja ya so !
persiapan mendaki gunung
Persiapan pendaki via damarsaloka.com


Kamu yang takut ketinggian jangan pernah maksain mendaki ya sob !

Puncak memang tujuan dari semua pendaki. tak bisa dipungkiri keindahan panorama alam dititik ini begitu mempesona, puncak seolah - olah menyihir mata sobat untuk selalu mengagumi setiap jengkal jangkauan mata.

Namun semua akan Sirna jika sobat pobia ketinggian, yang ada hanya ketakutan. Masih mending jika sobat sampai dipuncak, nah jika dalam perjalanan menuju puncak sobat harus melewati tebing - tebing curam gimana ? Masih bisa lanjut ? yang ada sobat merengek buat batalin pendakian. Kan kasian temenmu yang udah bener - bener niat mendaki.
Jurang
Jurang via kapanlagi.com


Merokok digunung memang tidak dilarang namun tau etika dong jangan buang putung sembarangan

Lain sampah lain putung rokok sob. Jika sampah berefek gunung tak menarik lagi, maka putung rokok punya masalah yang lebih besar. Membuang putung rokok sembarang bisa memicu kebakaran hutan lho sop. heee bukannya lebay sob emang gitu kog nih alasannya jika sobat buang putung di tempat yang mudah merampat api misalnya semak-semak ilalang, ranting kering.

Kalo medianya seperti itu habislah nasib sobat .pastinya sobat khususnya yang cowok cowok gak maukan harus berurusan sama aparat kepolisian cuma gara - gara putung rokok ?
Kebakaran Hutan via inilah.com


Bandel mengikuti aturan

Aturan dibuat untuk ditaati sob. Bukan malah dilanggar, dimanapun kita berada pasti gak lepas yang namanya peraturan. Tak terkecuali di alam bebas miskipunada embel - embel bebas tetap saja ada aturan, toh aturan dibuat demi keselamatan sobat sampai rumah kembali.

kalo sobat punya kebiasaan bandel, okelah kalo dirumah cuma dimarahi, kalo disekolah cuma disuruh bersih toilet, tapi ini alam bebas sob taruhannya nyawa. Sebaiknya tahan dulu deh sikap bandel sobat kalo mau mendaki gunung, kalo gak bisa mending gak usah ikut mendaki. demi keselamatan sobat juga.
Peraturan Pendaki gunung
Peraturan pendaki gunung via tigatitik.com
Sobat masih suka coret - coret batu atau post - post pendakian 

Dalam hati sobat, ah ntar kalo ketemu batu yang gede viewnya bagus,banyak diliat orang. mau tak coret - coret ah, mau tak tulisi " i love you dinda forever " biar orang - orang tau kalo aku gak jomblo

Ealah kalo niatan sobat  pengen pamer doang, biar didoain langgeng gitu. maka sobat salah yang ada nih sobat didoain cepet putus didoain jomblo seumur hidup.

Punya niat kayak gitu bukan mencerminkan pencinta alam sejati. tolong deh gak usah mendaki gunung, lebih baik sobat duduk manis dikamar sambil coret - coret dinding kamar sobat dengan tulisan tersebut  uplode ke instragram daripada capek -capek naik gunung cuma coret - coret batu iuuuh banget.

Sobat terlalu egois meninggalkan temanmu dibelakang 

Sob, kamu yang memang jagoan mendaki gunung, yang kata temenmu gak kenal yang namanya lelah, jangan pernah meninggalkan teman dibelakang ya sob ! . Naik gunung itu mengajarkan kita bekerja secara tim bukan individual. Sapai dipuncak sama - sama itu sangat membahagiakan daripada sendirian.

Ketahuilah mungkin  fisik teman - temanmu tak segagah dirimu tak se macho dirimu, membawakan sedikit barang bawaan temanmu malah akan jadi nilai Plus dimata sobat - sobatmu. Percayalah,kalo sobat gak merubah sifat ini, gak bakalan ada yang ngajakin sobat naik gunung lagi, emang mau naik gunung sendirian ? enggak kan !
imange via berbagitips.tk
 

Edelweiss bukan souvenir yang bisa sembarangan dibawa pulang.

next pendakian petik bunga edelweiss ah, kan sidoi mau ulang taun cocok nih kalo tak kasih hadiah bunga endemik bin langa ini. sidoi pasti tambah sayang nih dapet hadiah yang anti mainstream dariku. (dalam hati sobat udah punya niatan gitu pas mendaki)

Udah tau bunga endemik bin langka masih aja mau nyolong buat pacarnya huu dasar pecinta alam abal - abal naik gunung ada maksud terselubungnya.

Nah sob jika masih punya niatan kayak gitu mending gak usah mendaki gunung deh, apa yang sobat lakukan tersebut merupakan hal bodoh, dan membuat topik "Keindahan edelweiss hanyalah mitos belaka " menjadi kenyataan dikemudiaC Tentu sobat gak maukan hal ini terjadi ?.
Edelweis-mahameru
Edelweiss via wisatagunung.com

Meninggalkan api unggun begitu saja

" Dingin yang menusuk tulang " itulah kata kalimat yang tepat untuk mengungkapkan kejamnya malam digunung. Tak ada cahaya matahari gelap gulita. tak membuat pendaki kehabisan akal, Api unggunlah solusinya.


Dengan ditemani segelas kopi hangat, kedinginan tak lagi sobat rasakan, membuat malam - malam dingin hanyalah mitos belaka. Saking larutnya berseda gurau bersama teman -teman didepan api unggun lantas membuat sobat lupa pagi telah datang. tampa rasa bersalah sobat meninggalkan api unggun begitu saja karena alasan puncak belum tercapai.

Sisa api unggun yang sobat tinggalkan bisa jadi biang keladi kebakaran. tau gak sob apa alasannya nih aku kasih tau dimusim kemarau seperti ini sebagian vegetasi alam mulai mengering, ditambah bantua angin percikan api sangat mudah membakar vegetasi yang kering tadi. begitu kira - kira sob.

Sobat gak punya persiapan yang matang

Pendaki pemula bisanya tak sabar pengen cepet - cepet mencicipi puncak dan melihat indahnya bunga edelweiss. saking gak sabarnya sampai - sampai gak punya rencana yang matang.

hey sob, gunung bukanlah medan biasa gunung merupakan medan bebas tak bisa ditebak itulah kenyataannya. Bisa saja terjadi badai sewaktu - waktu, binatang buas siap mengintai, tumbuhan berbahaya siap mematikan sobat. medan ganas penuh jurang siap menanti sobat.

Nah sob, kalo kamu gak punya persiapan yang matang saat mendaki gunung kira - kira bisa pulang dengan selamat tidak ?

BACA JUGA : TIPS MENDAKI UNTUK PEMULA


Sekian dulu ya sob, kalau suka tulisan ini jangan lupa untuk dibagikan ya :-), bonus nih ada kata -kata keren yang saya kutip dari phinemo.com
Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, Jangan mengambil apapun kecuali foto, jangan bunuh apapun kecuali waktu

6 komentar:

  1. wah, inspiratif bgt gan....
    izin share ya...

    BalasHapus
  2. setuju banget nih.....
    kalau gk bisa jaga ...jangan ngruskkk...:)

    BalasHapus
  3. kebanyakan pendaki kekinian memang gembor gembor doang soal menjaga kebersihan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, biar kekinian kata mereka, padahal norak banget, thanks udah mau commnet gan :D

      Hapus