Kamis, 05 November 2015

20 Kebiasaan buruk inilah, penyebab jerawat sobat tak kunjung sembuh


Apakah sobat memiliki jerawat ? kalo iya, pernah gak berfikir apasih penyebab jerawat ? padahal kan udah berobat sana - sini, udah menghabiskan uang banyak kog masih aja jerawatan. Mungkin  sobat terlalu fokus pada penyembuhan saja sampai - sampai lupa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Mengetahui penyebab jerawat itu penting sob, jika sobat tau, maka minimal sudah bisa mencegah dan menghindari hal - hal buruk yang memperparah jerawat sobat. dan dengan seiringnya waktu jerawat bisa menghilang dengan sendirinya.

Kalo wajah sobat berjerawat dan sudah berobat tapi belum sembuh - sembuh jangan panik dulu ya. Mungkin sobat masih melakukan kebiasaan - kebiasaan buruk yang memicu tumbuhnya jerawat berikut ini :
kebiasaan buruk penyebab jerawat
Jerawat via ciricara.com


1.Sobat memasuki masa - masa puber

Kalo yang satu ini sih  bukan kebiasaan buruk ya sob. jerawat bisa disebabkan oleh hormon. Nah hormon yang berperan disini yaitu hormon androgen. Androgen sendiri diproduksi oleh kelenjar minyak.

nah sobat tau gak, kapan kelenjar minyak ini gencar memproduksi androgen ? jawabannya ketika sobat dalam masa - masa pubertas. Hormon adrogen ini berperan besar dalam pembentukan karakter manusia termasuk aktivitas seks remaja.

Menstruasi dan pembentukan testis adalah bukti nyata dari androgen,efek dari gencarnya hormon ini adalah wajah jadi berminyak, jadi jangan heran ya jika sebelumnya wajah sobat  tidak berminyak sekarang jadi berminyak itu tandanya sobat memasuki masa puber.

Jika wajah berminyak, maka kemungkinan besar wajah berjerawat alasan sederhananya minyak dapat mengikat debu dan tempat yang subur untuk bakteri sehingga besar kemungkinan berjerawat sangat besar.
Masa puber rawan jerawatan via ciricara.com

2. Sobat malas membersihkah sel kulit mati

Setiap manusia akan meregenerasi sel - sel yang telah mati. Kulit  kusam merupakan indikasi kalo wajah sobat banyak sel kulit mati yang tidak sobat bersihkan. Jika hal ini dibiarkan terus - menerus pori - pori pada kulit wajah akan tersumbat, bukan hanya itu saja pembetukan sel muda juga terhambat.

Akibatnya, wajah akan timbul noda hitam dan jika berkolaborasi dengan bakteri maka akan timbul radang serius diwajah.
sel kulit mati via kaskus.co.id

3.Malas menbasuh wajah

Sobat, membasuh wajah dapat memberikan efek wajah yang bersinar dan rileks. Menurut peneliti dari Universitas Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatah seorang dekan Fakultas THT menegaskan Membasuh wajah sebelum tidur memiliki kuman yang lebih sedikit daripada tidak membasuh muka.

Jika sang ahli saja berkata begitu, masa sobat gak mau melakukannya ?

Selain itu, air yang dibasuhkan di wajah akan membuat wajah seakan - akan melakukan pemijatan secara alami, sehingga wajah akan tampak rileks dan membantu peremajaan kulit. Nah jika sobat mempunyai wajah berminyak jangan lupa dibersihkan ya, tapi jangan terlalu sering.

Perlu sobat tau , jangan terlalu sering membasuh wajah, "lah tadi nyuruh membasuh wajah sekarang malah nyuruh jangan sering - sering, gak konsisten " hhe bukan begitu sob, nih penjelasannya terlalu sering membasuh wajah  akan membuat kelejar minyak memproduksi minyak secara drastis. hal ini dilakukan oleh kelenjar minyak untuk mengantikan minyak yang hilang akibat terlalu sering membasuh muka. Cukup 3-5 kali sehari.
Membasuh wajah bisa mengurangi penyebab jerawat via manfaatnyasehat.com

4.Terlalu sering menyentuh kulit wajah

Kebiasaan  orang - orang yang memiliki jerawat selalu menyentuh kulit yang berjerawat , hal ini dilakukan karena gemes pengen memencet jerawat biar cepat hilang. hha pengalaman pribadi penulis.

Menyentuh wajah terlalu sering sama saja sobat membantu bakteri berpidah dari satu titik wajah ke wajah yang lainnya, ditambah lagi jika tangan sobat dalam keadaan tidak bersih, kuman akan banyak, jerawat pun bertambah banyak.

Jika sobat pengen menyentuh wajah sebaiknya membersihkan tangan dahulu untuk meminimalisir penyebaran bakteri.yang paling baik yaitu menyentuh wajah dalam keadaan tangan dibasuhi dahulu dengan air.

5.Terlalu lama menempelkan smartphone diwajah

Jika sobat sering bermain dengan smartphone maka smartphone sobat bisa jadi sumber bakteri, gak percaya ? seperti dilansir oleh solopos.com sebuah penelitian pada 30 ponsel menemukan bahwa, ponsel memiliki kuman yang 18 kali lebih banyak dari pegangan toilet pria. hiii ngerikan ?

Jika demikian jangan terlalu lama menempelkan ponsel sobat di wajah ya. Kalaupun terpaksa bersihkan dahulu layar ponsel anda menggunakan larutan garam.
Menempel smartphone via beautyandearn.files.wordpress.com

6.Jangan Terlalu lama mandi

Lho - lho apa hubungannya dengan mandi ? gini lho jika sobat berfikir semakin lama mandi, maka semakin bersih dan tampilan menjadi menakjubkan. berarti selama ini sobat salah, menghabiskan waktu lama saat mandi malah akan membuat tubuh kering termasuk juga wajah.

Ahli Dermatologi, Sandy johnson merekomendasikan untuk membatisi mandi paling lama 10 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi kulit.

Jika sobat sering mandi menggunakan air hangat dan mandinya terlalu lama, maka bisa jadi pembuluh darah akan terbuka hal ini menyebabkan ruam dan bercak merah pada kulit. jika dibiarkan ini akan menjadi penyebab jerawat.
Jangan mandi lama - lama via cintamela.com

7. Mengeringkan Wajah dengan handuk terlalu keras

Sudah mandi lama, sudah gitu menggosokan handuk ke wajah keras - keras lagi biar kesannya bersih dan kering. jika kebiasaan buruk ini masih sobat lakukan pantas saja jerawat sobat tidak sembuh - sembuh tau apa penyebabnya menggosok handuk terlalu keras bisa membuat wajahmu iritasi dan semakin mudah kuman menyerangnya.

8.Menggunakan pakaian terlalu ketat

Jika sobat memiliki jerawat diwajah biasanya juga memiliki jerawat di punggung nah tau gak penyebabnya ? pakaian terlalu ketat, hal ini membuat tubuh mudah berkeringat dan gesekan antara tubuh dengan pakaian bisa menyebabkan iritasi dan yang paling parah jerawat bermunculan di area tersebut.

9. Stress

Salah satu penyebab jerawat yaitu stress. Stres memicu hormon bekerja secara berlebihan  sehingga memicu munculnya jerawat diwajah, maka sebisa mungkin sobat menghindari stress ya caranya mudah kog jangan terlalu memikirkan masalah dan menutup diri.
stress
Stress via infoinkamu.com

10. Malas membersihkan wajah saat malam hari

Sebelum tidur sebaiknya sobat membersihkan wajah dahulu, mengapa demikian soalnya saat tidur tubuh kita melakukan proses pergantian kulit yang sudah mati dengan yang baru. nah jika dalam keadaan wajah kotor, maka terjadi penumpukan sel kulit mati diwajah.

11. Merokok bisa jadi penyebab jerawat lho

Jika selama ini sobat hanya tau merokok penyebab penyakit jantung, kanker paru - paru sobat beruntung membaca artikel ini. Pasalnya baru - baru ini "British Association of Dermatologist" memaparkan sebuah pernyataan merokok mampu memperparah jerawat yang ada.

Merokok tidak hanya membuat wajah keriput namum mampu memperburuk jerawat yang ada. Berdasarkan penelitian tersebut remaja yang merokok memiliki jaringan parut yang cukup banyak hal ini disebabkan oleh zat kimia yang terkandung oleh rokok tersebut.

Remaja berjerawat memiliki pori - pori yang terbuka, nah pori - pori terbuka menjadi tempat pavorit untuk bakteri dan zat kimia tersebut sehingga menghasilkan jaringan parut. Selain itu merokok juga bisa membuat permukaan kulit jadi tidak rata.
 

12. Sering begadang picu jerawat

Memang sih tidak ada bukti nyata bahwa begadang bisa memicu timbulnya jerawat secara langsung. Namun bukan rahasia umum lagi kurang tidur bisa picu stress. seperti diutarakan di atas stress bisa menjadi penyebab jerawat. Stress juga mengurangi kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan jerawat semakin lama.

Sobat, kurang tidur dapat menginduksi imflamasi sitokinin. Zat ini pemicu peradangan pada wajah, jadi secara tidak langsung kurang tidur atau begadang bisa menyebabkan jerawat.

13. Memakai kosmetik yang salah
  
Jerawat bisa disebabkan oleh pemakaian kosmetik yang tidak tepat dengan struktur kulit sobat lho. jika kulit sobat berjenis kulit berminyak jangan gunakan kosmetik yang mengandung minyak, hal ini bisa membuat wajah sobat memiliki minyak berlebihan.

Berikut daftar kandungan zat kimia yang mungkin sobat harus hindari :
  • Isopropyl alcohol - Zat yang satu ini dapat merusak lapisan kulit asam dan menyebabkan iritasi sehingga bakterik akan tumbuh dengan sangat subur.
  • Propylene glycol  - Biasanya ditemukan pada pemutih wajah, Zat ini dapat membuat kulit kemerahan jika tidak cocok dengan kulit sobat.
  • Petroleum - Zat kimia yang mengandung minyak sehingga sangat tidak cocok unutk kulit berminyak.
  • Lanolin - Jika sobat alergi terhadapa wol kemungkinan juga alergi lanolin. Munculnya ruam merupakan gejala yang sering dialami oleh alergi zat ini. jadi bisa menjadi penyebab jerawat. 

14.Sering makan makanan yang mengandung minyak

Apakah sobat pecinta gorengan ? kalo iya hindari dahulu makanan ini, udah tau kan jika makanan ini mengandung banyak minyak. Nah bisa jadi banyaknya minyak diwajah sobat itu akibat banyak memakan gorengan. Karena minyak tidak akan diserap oleh tubuh melainkan dikeluarkan.
Gorengan bisa picu jerawat via majalahkesehatan.com

15. Penggunaan Alat make - up yang kotor

Ini khusus untuk wanita, apakah alat make -up sobat bersih ? jangan hanya wajah saja ya yang di urusi namun alat - alat penunjang kecantikanmu juga diurusi ya . bisa - bisa alat yang tidak bersih menjadi sarang bakteri lho. jadi sebaiknya setelah digunakan langsung dibersihkan.

16. Membiarkan keringat mengering

Jika kamu sangat suku olahraga itu bagus, nah jika wajah sobat berjerawat mungkin sobat melewatkan yang satu ini. Sobat terbiasa membiarkan keringat yang keluar mengering begitu saja.
Keringat yang mengering begitu saja bisa jadi penyebab jerawat, soalnya bakteri akan mudah menempel pada wajah sobat dan perkembangan bakteri tersebut tentunya sangat pesat karena media keringat sangat cocok untuk bakteri patogen.

17. Jarang Keramas

Sobat, Minyak tidak hanya muncul diwajah saja lho. bagian kulit rambut juga mengeluarkan minyak, nah jika rambut kamu berminyak biasanya jerawat akan tumbuh sekitar wajah yang ada rambutnya. so jangan malas keramas ya sobat !
 
18. Bantal tidur sobat kotor 

Jerawat yang tidak sembuh - sembuh bisa dipicu oleh bantal  lho. coba sobat cek bantal tidurmu. Apakah bersih ? apakah tidak berbau ?. Bantal merupakan sarang bakteri saat tidur, jika sobat tidak membersihkan wajah dimalam hari kemungkinan bakteri tertinggal di bantal sangat besar. nah sebaiknya jemur bantal sobat minimal 1 minggu sekali ya ! 

19. Menggunakan Minyak Rambut

Minyak rambut Banyak jenisnya ada yang berbentuk gel dan ada yang berbentuk cairan minyak nah jika sobat salah memilih produk ini. hasilnya wajah sobat kemungkinan besar berjerawat. Pilihlah minyak rambut berbentuk gel jika kulit sobat banyak minyaknya.

20. Terlalu sering me-ngaca

Terlalu sering ngaca bisa memicu jerawat lo sob, walaupun tidak ada penelitian secara langsung namun Jika sobat punya jerawat banyak dan sering ngaca efeknya sobat akan merasa setres " Kog jerawatku jadi tambah banyak ya, kog jerawatku belum sembuh- sembuh sih bikin setres aja ".

Nah jika hal itu terjadi pada sobat jangan sering - sering ya mengaca, walaupun mengaca itu baik untuk melihat keadaan wajah tapi yang namanya berlebihan itu jadi tidak baik.

Itulah beberapa tips kebiasaan buruk penyebab jerawat yang Harus sobat hindari. miskipun secara tidak sadar sobat melakukannya. Jika jerawat sobat ingin sembuh mulai dari sekarang cobalah mengubah kebiasaan - kebiasaan buruk tersebut. semoga artikel ini bermanfaat dan jerawat sobat sembuh :D   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar