Ingin selamat saat mendaki dimusim penghujan ? pastikan kamu baca tips - tips ini

Tips mendaki saat musim hujan. Mendaki,kegiatan yang sangat menarik untukmu para pecinta alam, dan cukup mengernyitkan dahi saja untukmu para kutu buku hha. Kecintaan dan Rasa rindu yang menggebu - gebu tak menghalangi niat untuk mendaki walaupun musim hujan sekalipun.

mungkin karena efek membaca artikel ini : Mengapa pendaki selalu tergoda untuk terus mendaki

Kamu pasti sudah tau kalo musim penghujan seperti ini akan memiliki resiko yang berlipat ganda dibandingkan musim kemarau. Tapi apa mau dikata kalo sudah cinta ya apapun resikonya tetatp dihadapi.

Niat mendaki sih udah ada, namun masih bingung gimana caranya agar pendakian tetap aman dan menyenangkan walaupun cuaca tak bersahabat gini. Sebaiknya kamu simak tips berikut sebelum memutuskan jadi atau enggaknya mendaki gunung saat musim hujan.

Tips mendaki saat musim hujan
Pendakian dimusim hujan

1. Persiapan yang matang saat mau memulai mendaki

Ya, apapun yang namanya kegiatan harus ada persiapan yang pasti dan matang, di atas sana kamu akan menemui cuaca yang Extrim, di musim kemarau aja cuaca di puncak dinginnya minta ampun, apa lagi Hujan ?(sampil membayangkan kedinginan)

Makanya persiapan yang lebih matang dari pendakian di musim kemarau hukumnya wajib kalo mau pulang dengan nyawa masih di badan.

Kamu bisa memulai dari persiapan fisik dan mental yang kuat, karena nantinya medan lebih licin dan mungkin juga badai akan kamu hadapi, Supaya tubuh kamu kuat perbanyak perbekalan yang mengandung vitamin C dan minumnya juga dibanyakin. Tubuh yang kuat memperbesar prosentase kamu lulus ujian mendaki di musim hujan.


2. Kalo biasanya kamu memilih gunung yang cukup extrime dan tinggi -tinggi, kali ini jangan deh gunung yang mudah didaki adalah pilihan bijak.

Mendaki di musim penghujan sebeneranya sih tidak disarankan, tapi bagimu yang sudah bulat memantapkan akan mendaki , jangan memilih trek - trek atau gunung yang sering memakan korban saat hujan turun, hal ini demi keselamatan kamu juga.

Pilihlah gunung yang mudah didaki dan tidak terlalu tinggi dengan asumsi jalur yang kamu daki tidak terlalu panjang. Akumulasikan jarak pendakian kira - kira 15-20 Km pulang pergi, Sehingga  Kamu bisa berangkat pagi dan pulang sore.

tips medaki dimusim hujan
Pilih Gunung yang tak terlalu tinggi

 

3. Bawalah perlengkapan yang penting, jangan banyak - banyak

Membawa barang - barang yang tidak terlalu berat merupakan hal yang tepat untuk pendakian dimusim hujan seperti ini . Hal ini dikarenakan kamu tidak mendaki untuk bermalam.

Misalnya hindari membawa keril , bawalah tas semi keril sehingga kamu mau gak mau harus membatasi perlengkapan yang akan kamu bawa. Disamping itu perlengkapan yang tak terlalu berat bisa membuat langkah kakimu cukup ringan dan semakin cepat juga menemui puncak.



4. Lapisi barang - barang yang kamu bawa dengan plastik

Masih seputar barang bawaan ya sobat, Untuk menghindari pakaian, makanan dan perlengkapan penting semisal camera foto dari rembesan air hujan, gunakan rain cover bag. atau kamu juga bisa melapisi bagian dalam tas kamu dengan trash bag untuk perlindungan ganda anti air.

Biasanya nih kan membawa cover bag akan terlihat kurang menarik  nih, gak bisa pamerin semi-keril yang mahal ketemen - temen atau pendaki lainnya, kan tas aku terbuat dari bahan anti air jadi gak perlu dong bawa yang begituan.

Hmm jangan ngeyel deh miskipun tas kamu terbuat dari bahan anti air sekalipun tetap saja air dapat masuk melalui celah resleting atau jahitan. Jadi membawa cover bag dan trash bag adalah pilihan wajib.

trash bag
Tips Memasukkan barang bawaan


5. Kenali jalur pendakian kalo bisa sih kamu udah sering mendaki dengan jalur tersebut

Dimusim penghujan seperti ini, mendaki dengan cara tek - tok adalah cara yang tepat apalagi kamu hapal seluk beluk jalur pendakian yang akan dilalui. Hal ini untuk menghindari tanah yang longsor saat medaki atau seperti yang baru - baru ini terjadi yaitu seorang pendaki yang tertimpa batu saat mendaki di musim penghujan.

Yah jalurnya itu - itu aja kan aku mendaki dimusim penghujan biar mendapat tantangan yang seru dan beda dari yang lain

Jika kamu berpikiran demikian ? hmm coba deh kamu jawab ini pilih mana ? Pulang  gak ada nyawa atau hasratmu mendaki di musim penghujan terpenuhi.


jalur yang mudah didaki
Jalur yang mudah didaki, pilihan tepat


6. Usahan tidak berkemah ya !

Punya rencana berkemah di musim penghujan ? hmm pikir - pikir lagi deh ya, bayangkan apa yang akan terjadi.

Sebagai gambarannya nih, berkemah dimusim penghujan hanya akan mempersulit dirimu saja, tenda basah apalagi ada angin kencang, tambah dingin aja, emang kamu bisa tidur nyenyak ? gak kan . Okelah tenda kamu anti air tapi rembesan air yang mengalir dari puncak ke tenda kamu bisa kamu hindari ? gak kan, ujung - ujungnya kamu gak bisa tidur deh.


7. Aplikasikan teknik layering 

Bagi pemula mungkin bertanya - tanya teknik layering itu apa ?,

Teknik layering yaitu berguna untuk kamu bisa mengirit pakaian sehingga pakaian yang kamu bawa menjadi lebih sedikit sehingga beban yang kamu pikul pun tak sebesar beban kehidupanmu :p

Menurut hipwee.com  Teknik layering terdiri dari 3 lapis :

  1. Pakaian lapisan pertama sering disebut base layer fungsinya untuk mengatur kelembapan. jadi baju yang kamu pakai disini fungsinya menyerap keringat. nah baju sport seperti baju olahraga sangat cocok untuk lapisan ini, karena mudah menyerap keringat dan mengupakannya jadi tetap kering dan tidak bau.
  2. Lapisan kedua atau Fleece layer fungsinya untuk menjaga agar tubuh tetap hangat sangat cocok untuk pendakian di musim penghujan. Jaket berbulu dibagian leher sangat tepat untuk kamu gunakan terutama kamu mendaki di musim penghujan.
  3. Lapisan terluar yaitu lapisan pelindung bagi kedua lapisan sebelumnya. Biasanya baju yang digunakan yaitu baju anti air. kamu dapat mengaplikasikan  jaket waterfroof.
Nah jika kamu menerapkan teknik ini dengan benar percaya deh kamu gak akan kedinginan dan terhindar dari hiportermia.
Teknik layering
Teknik layering


8. Ponco adalah barang yang wajib kamu bawa

Ketika hujan terjadi tiba - tiba dan kamu belum menemukan sport yang tepat untuk berlindung, maka Poncolah penyelamatnya.

Ponco atau jas hujan berbentuk kelelawar berguna melindungi tubuh kamu dari derasnya hujan dan tentunya melindungi barang bawaan kamu.

Tak hanya sampai disitu saja kegunaannya ponco juga dapat digunakan bivak darurat  ketika pendakianmu menharuskan untuk berteduh.

Nah untuk melindungi wajah kamu dari derasnya hujan, maka kamu bisa menggunaka boonie hat sehingga penglihatanmu tetap terjaga.

Ponco
Ponco


9. Supaya bisa bergerak ditanah yang licin gunakan Trekking pole

Dijalur yang licin alat yang satu ini sangat membantumu menjaga keseimbangan sehingga kamu tidak mudah tergelincir. Jika kamu tidak punya trekking pole kamu dapat memanfaatkan ranting - ranting kering yang jatuh
tapi usahan jangan memotong ranting ya !



10. jangan sekali - sekali menggunakan sandal untuk mendaki dimusim penghujan, gunakan sepatu !

Jalur yang becek dan berlumpur akan kamu hadapi, sandal hanya akan mempersulit langkahmu saja selain itu keadaan kaki yang terbuka bisa membuat kaki kedinginan dan ujung - ujungnya bisa menyebabkan kram. selain itu jebakan dikubangan lumpur juga bisa membuat sandal mahalmu putus.

Gunakan sepatu yang kedap air sehingga kamu bisa bermanuver dengan nyaman dan tentunya kaki juga terlindungi.


11. jangan lupa juga gunakan gaiters

Dimusim penghujam biasanya pacet berkembangbiak dengan cepat sehingga di hutan - hutan yang kamu lalui biasanya akan banyak sekali hewan ini. gaiters disini berfungsi untuk melindungi kamu dari gigitan pacet dan hewan - hewan lain yang merugikan.

Alternatif lainnya kamu bisa gunakan kaos kaki tinggi. dengan begitu kamu setidaknya mencegah pacet menghisap darah. disamping itu gaiters atau kaos kaki juga bisa menjaga kehangatan kaki.



12. Supaya perlengkapan kamu terserap maksimal , gunakan kanebo

Plas chamois berguna untuk mengeringkan pakaian kamu yang basah atas tas- semi keril kamu, miskipun kamu sudah menggunakan bahan anti air tetap saja entah bagaimana air bisa masuk. sehingga kanebo ini sangat membantumu mengeringkan alat - alat yang basah tersebut.



13. Jangan lupa juga selalu up-date info cuaca di smartphone kamu

Hal ini penting sekali, karena dengan prediksi yang tepat kamu bisa memperkirakan kapan harusn mendaki dan kapan harus turun. untuk gunung - gunung yang tak terlalu tinggi saya rasa smartphone kamu masih bisa menjangkau sinyal.

Miskipun cuaca di gunung itu sulit ditebak setidaknya kamu mencoa untuk mengantisipasinya.



14. Jika kondisi tak lagi memungkinkan sebaiknya urungkan saja niat untuk sampai puncak

Jangan pernah memaksakan diri ya teman - teman. Mendaki gunung itu sejatinya kita mengatasi ego diri kita sendiri. puncak hanyalah bonus jika kondisi memungkinkan, Pulang dengan selamatlah hal yang paling penting dari sebuah kegiatan yang dinamakan pendakian.



Dengan adanya tips - tips diatas semoga kamu terbantu  dalam mempersiapkan pendakian dimusim penghujan. Miskipun artikel ini membahas tentang tips mendaki saat hujan, namun penulis tetap tidak menyarankan, kalo masih ragu mending tidak usah mendaki daripada harus berhadapan dengan bahaya nantinya.

sebagian sumber dari :brilio.net

Baca juga : tips mendaki untuk pemula

Yuk bagikan ketemanmu yang lain supaya yang mau mendaki dimusim hujan,pulang dalam keadaan selamat :D

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Ingin selamat saat mendaki dimusim penghujan ? pastikan kamu baca tips - tips ini "

  1. Apakah pendakian gunung cikuray bulan desember aman??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bulan desember masih hujan, mending jangan deh mas hampir 3000 meter lo tingginya, kalo musim hujan pun pemandangan juga kurang bagus menurutku hhe

      Hapus
  2. sepele, tapi membaca 'miskipun' berulang-ulang membuat geregetan. it should be "meskipun"
    helpfull article anyway.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 kali muncul di artikel ini hhe, maklum gan baru jadi penulis artikel kosakata masih amburadul hhe

      Hapus
  3. Poin 7, hipertermia? Hipo kali mas 😅
    Maaf, masnya penulis baru ya? Sebelum posting bolehlah dibaca ulang dan diedit kesalahan kepenulisan atau tanda baca. Biar enak dibaca :)

    BalasHapus
  4. makasih mbak koreksinya, hhe iya aku penulis baru :D makasih juga sarannya :-)

    BalasHapus