Senin, 02 November 2015

Tips Mendaki Untuk Pemula


Mendaki gunung merupakan suatu olahraga sekaligus berwisata, akhir - akhir ini pendakian memang sedang lagi trending, dulu pendakian hanya dilakukan oleh para pecinta alam, namun dengan berkembangnya social media dan keinginan mencumbui puncak gunung banyak pendaki pemula dari berbagai kalangan. Entah itu pelajar, mahasiswa , pekerja kantoran pokoknya beragam deh gak Cuma pecinta alam kalo gak percaya cek social media seperti instagram.kamu akan menemukannya jawabannya sendiri.

Motivasi meraka beragam mulai dari ikut – ikutan tren, ingin mencoba suasana baru atau yang paling extrim Cuma pengen buang sampah doang hhe no offence ya. Namun motifasi – Cuma akan menjadi keinginan semata kalo tidak dilaksanakan. Banyak diaantara pendaki pemula takut kenapa – kenapa saat mendaki, ditambah berita – berita duka akhir - akhirini membuat pendaki pemula mengurungkan niatnya



Kalo kamu merasakan kecemasan tersebut, berarti kamu beruntung kalo mau menyempatkan diri membaca artikel ini. Ya artikel ini akan membahas tentang tips mendaki bagi pemula, yuk simak apa aja !

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via travelling.blogekstra.com



1. Buat Rencana yang matang, gunung mana yang mau didaki 


Mungkin kamu gak setuju sama pendapat ini, aku kan pengen mendaki gunung semeru, lawu pokoknya yang tinggi – tinggi ituloh “ , memang  expetasi pemula langsung pada sesuatu yang tidak biasa hal itu wajar. Namun cobalah untuk belajar dari awal dahulu, mendaki gunung dari medan mudah , tidak terlalu tinggi sampai medan sulit dan tinggi. Percuma saja kalo kamu memaksakan kehendak, ntar ujung – ujungnya sakit, toh yang paling penting dari pendakian adalah sebuah proses dari 1 tujuan menginjakkan kaki dipuncak sampai pulang kembali dengan selamat.


Rencana Pendakian Pemula
Rencana Pendakian via nugrohotech.wordpress.com



  2. Pelajari Medan yang Akan Kamu lalui

Memilih gunung yang akan didaki udah, sekarang giliran belajar medan yang akan kamu lalui, ‘kog naik gunung ribet banget ya, nih mau naik gunung atau mau ujian nasional  sih.’ Ya memang naik gunung ibarat kita mau ujian nasional siapa yang udah siap maka dia akan sukses. Nah cara kita agar siap ya mempelajari medan yang ada pada gunung tersebut.

kalo kamu udah tau medannya, kamu gak akan tersesat, kamu akan merasa nyaman dan sangat menikmati pendakian perdanamu dan tentunya kamu akan selamat terhindar dari hal – hal yang gak di inginkan. Untuk mendapatkan informasi medan pendakian kamu bisa search aja diinternet pasti banyak yang sudah review jalur pendakian.
 

Pelajari Medan dulu bro via nugrohotech.wordpress.com



 3. Tips pendakian untuk pemula selanjutnya siapkan Mental dan Fisik

Bagian yang gak kalah penting dari suatu rencana pendakian yaitu persiapan, bayangkan rencana yang sudah dibuat namun tidak ada persiapan yang matang, apakah bisa berhasil ? tentu saja tidak.

Mendaki gunung itu memerlukan kondisi fisik prima. Untuk menjaga agar tubuh gak kaget saat mendaki alangkah baiknya kamu pemanasan jauh – jauh hari. Kamu dapat melakukan lari – lari secara rutin selama 1 – 2 minggu lamanya. Dengan berlari otot – otot kaki akan semakin kuat dan hal ini mengurangi resiko cidera. Selain itu berlari juga melatih pernafasan biar ntar gak ngos –ngosan hhe. 



Lari pagi
Lari Pagi via pinterest.com

 4. Sebelum hari H, usahakan persiapan udah beres ya !


Perlengkapan yang sudah beres akan membuat kamu bisa bersantai sejenak sebelum mendaki.oya persiapan pendakian itu bisa dibagi secara tim dan individu, untuk urusan tim kamu bisa serahkan ke yang sudah berpengalaman. Untuk kamu sendiri sih bawa bekal yang ringan – ringan saja misalnya roti, karena untuk pendaki pemula biar bisa focus ke managemen pendakian.


Memasukkan barang bawaan ketas carrier ada tipsnya lho, nih tips buat kamu: “bungkus dahulu barang bawaan dengan plastic hal ini menjaga agar barang bawaan tetap kering.letakkan barang bawaan yang ringan ke bagian tas bawah dan barang yang berat di bagian atas hal ini dilakukan agar beban yang kita bawa berada dipundak bukan di pinggang ".




Persiapan Pendakian
Persiapan yang harus dibawa via annida-online.com


  5. Hey, gunakan pakaian sesuai dengan Medan ya 

Menurut salah satu artikel dari hipwee.com gunakan celana berbahan polyester. Karena bahan ini ringan dan mudah saat terkena air mudah kering, sehingga tidak menyusahkan pendakianmu. Disarankan tidak memakai celana jeans ya, alasannya celana jeans itu cenderung menyerap dingin. Selain itu jeans yang ketat akan membuat kamu risih dan gak nyaman.  

6. Didalam regu Pendakian kamu, Harus ada yang berpengalaman mendaki ya ! wajib nih


Untuk berjaga – jaga akan hal yang gak kamu ingin kan mengajak teman yang sudah berpengalaman itu hal yang wajib karena apa, karena kamu bisa belajar dari dia, mulai dari managemen persiapan sampai managemen pendakian yang efisien.


Nih Pakaian yang Sesuai via yuiworld.wordpress.com


 

7. Jangan lupa mendaftar di post perizinan pendakian ya !

Pendaki yang baik adalah pendaki yang mau lapor ke tempat perizinan, hal ini dilakukan supaya kamu dapat pengarahan tentang medan yang akan kamu lalui disamping itu tim Penyelamat bisa memantau kegiatan pendakian kamu.dan jangan lupa untuk melapor kembali saat sudah selesai pendakian.



Post Perizinan Pendakian
Post Perizinan Pendakian via makjoel.wordpress.com/


8. Kamu wajib Mematuhi Peraturan

Pemula jangan pernah melanggar aturan, melanggar peraturan sama saja mendaftarkan diri ke dalam bahaya. Pendaki berpengalaman pun mau lho mentaati peraturan, masa kamu yang seorang pemula mau melanggar ?. biasanya hal yang sering dilakukan sih membuat jalur pendakian sendiri. Jalur yang sudah disediakan itu jalur yang aman kog dan laping cepat sampai kepuncak jadi kamu gak usah repot – repot membuat jalur pendakian sendiri okey!. Jika kamu ngotot melanggar peraturan berarti kamu belum pantas mendaki 



Taati Peraturan Pendakian
Taati Peraturan ya man teman via santridanalam.blogspot.co.id


9. Jika merasa lelah jangan sungkan untuk meminta istirahat ya 


Pendaki pemula biasanya akan sering kelelahann hal ini wajar karena jalan yang dilalui bukan jalan biasa dan mungkin tubuhmu juga sedang beradaftasi sehingga energy terkuras. Didalam tim pendakian usahan komunikasi yang baik. Dengan menjaga komunikasi diharapkan tercipta kekompakkan. Kamu yang merasa lelah bilang saja ke kepemimpin regu , pasti dia akan mengerti kog, ketua yang baik adalah ketua yang sabar hhe.

Memaksakan diri sok kuat itu tidak baik untuk fisikmu,pendaki pemula yang memaksakan diri biasanya pingsan, atas alasan inilah kamu dituntut mencari tim yang solid. Tim yang sabar akan membuatmu nyaman.


Istirahat
Istirahat dahulu via alied19.wordpress.com



10. Puncak Bukanlah Tujuan Akhir, Nikmatilah Perjalanan


Kita memang bisa berencana namun kenyataan belum tentu sesuai dengan rencana kita, jika kamu jauh – jauh hari sudah menargetkan bisa mencapai puncak, namun karena sesuatu hal bisa terjadi yang memungkinkan tidak bisa mencapai puncak jangan bersedih, puncak hanyalah bonus kalo dapet ya bersyukur kalo enggak ya gak papa.

Yang terpenting adalah menikmati perjalanan, karena menikmati perjalan kamu akan mengerti apa itu kekompakan, menahan egois  ,kerja sama tim, yang mungkin gak kamu dapatkan di sekolah.



Menatap Puncak
Menatap Puncak via equator-indonesia.com


Nah gimana sekarang, udah mantapkan mau mendaki, udah gak ada rasa was – was lagi kan ? senang bisa berbagi tips dengamu.

 
tips mendaki untuk para pemula
Tips Mendaki untuk para pemula via infoinkamu.com

BACA JUGA : Urungkan saja niatmu mendaki gunung, kalo masih punya kebiasaan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar