Rabu, 05 Oktober 2016

10 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Pendakian  salah satu olahraga pemacu adrenalin yang pamornya mungkin sedikit menurun akhir - akhir ini. Banyak anak - anak muda kekinian berlomba - lomba saling sikut, mungkin juga saling tikung menikung memamerkan hasil jepretan camera smartphone mereka di dunia tak nampak (dunia maya),  banyak juga diantara kaum mereka bercerita tentang pengalaman mistis ketika berkemah, atau sekedar menikmati indahnya cahaya bulan dimalam - malam yang menusuk tulang, yess itulah secuil cerita yang akan kita dapatkan ketika mendaki gunung. Nah karena lagi tren nih mungkin diantara kalian ada yang bercita - cita ingin mencicipi trek terjal gunung - gunung tinggi yang ada didunia minimal asia tenggara dulu.

Berbekal search galor - ngidul enggak jelas infoinkamu dot com akan mengulas tentang 10 gunung tertinggi diasia tenggara. Well bisa digunakan referensi nih untuk anda yang sangat suka dengan membangun indahnya rumah di negri atas awan alias gunung.

Membahas gunung tertinggi diasia tenggara kita perlu tahu dahulu batasan - batasan daerahnya, ntar malah nyasar kemana - mana , kalo ada pengunjung bilang gini " kog gunung olimpus mount gak dimasukain kedalam salah satu gunung tertinggi ? cari jawabannya gimana dong ? masa iya saya harus sama pemilik google langsung ? hha :D

10 gunung tertinggi di asia tenggara
Gunung tinggi identik dengan Gletser

For your info, asia tenggara masuk kedalam kawasan atau wilayah benua asia yang gedenya gak mungkin bisa kamu jamahi dalam sehari. Wilayah asia tenggara beranggotakan negara - negara kawasan semenanjung malaya, indo-china, kepulauan kita tercinta yaitu indonesia dan terakhir yaitu filipina sang tetangga kita. Uniknya asia tenggara dilintasi oleh garis khatulistiwa yang menyebabkan kita tak bisa bermain dengan snowman (olaf) sang boneka salju terkenal dari film frozen.

Selain itu juga, wilaya asia tenggara merupakan tempat pertemuan lempeng indo - australia dan lempeng eurasia plus lempeng kecil milik filipina, jika kedua lempeng tersebut bergesekan timbullah gempa yang biasanya admin rasakan. sedangkan gesekan lempeng indo-australia menyebabkan wilayah disekitarnya akan muncul ke atas makanya diwilayah ini banyak gunung aktif khususnya diwilaya jawa.

Nah menarik bukan, sekelas info tentang wilayah asia tenggara dari sektor geografis ? back to topic dengan ditemani secangkir kopi ditangan kanan yuk simak ulasan admin 10 daftar gunung tertinggi di asia tenggara berikut ini :

1. Hkakabo Razi (5881 mdpl)

Posisi teratas dimiliki oleh negara myanmar, gunung Hkakabo Razi merupakan gunung tertinggi di asia tenggara, gunung ini disebut - sebut salah satu paling sulit didaki dan akses menuju puncaknya konon memerlukan waktu 1 bulan. karakteristiknya sebelas duabelas dengan gunung everest yaitu tersusun dari batuan hitam nan kokoh berpadu indah dengan jubah putih dari gletser. bebatuan kapur dan granit menyatu dengan sempurna membentuk tebing hampir 90 derajat menambah kengerian.

Gunung Hkakabo Razi
Penampakan puncak Gunung Hkakabo Razi

Secara geografis gunung Hkakabo Razi termasuk kedalam pegunungan himalaya karena letaknya berada disis timur antara perbatasan dengan tibet atau lebih tepatnya diutara burma (sekarang myanmar) dan menjadi perbatasan dengan cina dan india. karena masih anak kandung dari pegunungan himalaya jadi jangan heran jika ketinggiannya mencapai segitu.

trekking terjal dengan hutan yang masih lebat merupaka cobaan pertama yang harus dilalui, serta harus membawa perbekalan sendiri karena tidak ada porter dan infrastruktur yang memadai menambah derita siapapun yang mencoba selfie di puncak Hkakabo razi. untuk melewati hutan lebat nan perawan sebuah tim expedisi dari nat Geo dan Nort memerlukan waktu 2 mingguan. selain itu banyak sungai yang tidak ada penyebarangannya membuat orang berfikir ribuan kali untuk melanjutkan perjalanannya.

Jembatan hkakabo razi
Salah satu jembatan yang harus di lalui, mau uji nyali disini ?


Tim Nat Geo Sempat frustasi saat mendaki gunung Hkakabo Razi
Tim Nat Geo sempat Frustasi saat melakukan pendakian

tebing di hkakabo razi
Tebing curam nan Rawan Longsor yang Siap mengintai sang pendaki

Pendaki pertama yang bisa mencapai puncak adalah Takshi ozaki dari jepang dan Nyima Gyalsen dari burma, pada tahun 2014 tim natGeo dan north face yang terdiri dari pendaki profesional melakukan expedisi pengukuran ulang dan berhasil selamat dengan membawa data bahwa ketinggian gunung Hkakabo Razi adalah 5881 m.
Pemandangan matahari terbit di puncak hkakabo razi

2. Gamlang Razi (5870 mdpl)

posisi kedua sebagai gunung tertinggi di asia tenggara adalah gunung gamlang razi, terletaknya di bagian utara burma sangat dekat dengan perbatasan dengan china dan india, gunung ini masih dalam cakupan pegunungan himalaya dan masih tetangga sang peak of Myanmar, makanya jika dilihat dengan mata telanjang maupun mata kuda tingginya sama persis dengan hkakabo razi.

Puncak Gamlang Razi
Puncak Gambang Razi

Masalah terjadi ketika 2013 silam, pendaki gabungan amerika- burma yangh disponsor oleh konglongmerat burma melakukan expedisi pengukuran gunung gamlang razi dan berhasil mencatat ketinggian gunung gamlang razi yaitu 5870 meter diatas permukaan laut, pada konferensi pers di Rangoon. sekilas tak ada masalah memang, namun beberapa pihak meragukan ketinggian hkakabo razi, alasannya karena pendaki jepang Thakashi Ozaki ketika mencapai puncak pada tahun 1996 tidak menggunakan gps (mungkin menggunakan meteran kali ya hha :D).

Team expedisi Gamlang Razi gabungan pendaki amerika dan burma
Team pendakian Gamlang Razi

Team pendakian Hkakabo razi november 2014
Team pendakian Hkakabo Razi

Opini berhembus hebat  bak skandal artis, ketika beberapa pihak melalukan survei bahwa gunung hkakabo razi lebih tinggi 100 meter dari kenyataan(duh ini - nih korban php :p) .Ditambah lagi peta - peta asal china dan rusia memposisikan gunung gamlang razi lebih tinggi dari hkakabo razi.

perdebatan urat saraf selesai ketika pada november 2014 silam tim yang disponsori oleh natGeo dan nort face melakukakn pengukuran dan hasilnya bisa membuat tidur kita nyenyak, hasilnya hkakabo razi lebih tinggi !.

3. Puncak Jayawijaya (4884 mdpl)

Gunung jayawijaya atau dunia luar menyebutnya Carstensz piramid atau puncak Carstensz atau apalah yang penting gunung ini adanya di Indonesia !. Puncak Jaya merupakan anggota resmi seven summit dunia yang merupakan salah satu incaran pendaki profesional dunia dan masuk dalam jajaran gunung paling indah didunia dan paling mahal didunia ( hmmm lihat kantong). bagaimana tidak ?, salju abadi yang tak sepenuhnya abadi membungkus batuan andesit nan indah mempesona seperti bongkahan berlian dengan kilauan indah ketika matahari pagi dengan gagahnya menampakkan diri dan menyoroti jubah putih tersebut oh indahnya.

Puncak jaya, carstenz pyramid
Puncak Jaya

keindahan gunung jaya wijaya bermula ketika penjelajah asal belanda bernama Jan Carstenszoon dengan tak sengaja melihat glestser putih di pegunungan jaya wijaya ini, pada hari yang cerah di tahun 1962, seolah tak memiliki dosa dia menceritakannya penemuannya kebangsa eropa dan hasilnya cuma dianggap gurauan " mana ada salju di daerah tropis ", penderitaanya berakhir ketika 300 tahun kemudian tim expedisi Carstensz membuktikan temuannya, sehingga untuk menghormati jasanya puncak jaya wiyaja juga dikenal dengan puncak Carstensz.

Sisi unik dari puncak soekarno ini tentu saja gletser yang dirasa ciptaan tuhan yang sungguh agung ditengah kemustahilannya.ada satu hal yang tak mungkin anda temui dibelahan bumi lainnya yaitu Valley Glacier( sungai gletser). Selain itu, statusnya sebagia seven summit dunia membuat pendaki kawakan nan ahli dari berbagai belahan dunia tertarik dan mesukkannya kedalam daftar rencana expedisi mereka.

Mungkin diantara kalian ada yang mikir sambil mengingat  ingat masala lalu yang kelam ;p " kog malah jaya wiyaja ya yang menjadi salah satu seven summit dunia ?, padahalkan hkakabo razi lebih tinggi ? "  karena jika dilihat, diraba, dan diterawang dari sisi geografis pegunungan jayawijaya masuk radar benua autralia- oceania, sedangkan hkakabo razi adalah adik dari gunung everest yang secara akurat dan sudah diuji dilaboratorium ibp dan itb adalah gunung tertinggi sejagat raya dan benua asia. ingat ya seven summit adalah daftar gunung tertinggi dari tujuh benua yang ada didunia.

tim pembentukan jalur menuju puncak
Berada di puncak newangkawi( sebutan penduduk lokal) merupakan impian bagi pecinta gunung, namun biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada naik haji, ditambah pengurusan perijinan lebih rumit daripada kasus kopi sianida, plus faktor keamanan yang sering bergejolak membuat banyak orang menghela nafas. Bagi anda yang ingin mendaki kesana siapin mental dan fisikya !.

4. Puncak Mandala (4760 mdpl)

Masih dalam jajaran pegunungan jayawijaya, puncak mandala adalah gunung tertinggi kedua  di Indonesia sekaligus gunung tertinggi nomer empat diasia tenggara dan dikenal dengan K2-nya Indonesia karena memang cukup sulit didaki. Gunung ini juga dikenal dengan sebutan puncak juliana. letaknya berada di papua bagian timur atau lebih tepatnya berbatasan langsung dengan papua nugini. Puncak madala memiliki ketinggian 4760 m.

Puncak mandala gunung tertinggi nomer dua di Indonesia
Puncak Madala Dahulu ketika masih ada Gletser

Terdapat 5 orang yang berhasil mendaki puncak mandala pertama kali yaitu : Herman Verstappen, Jan de Wijn, Max Tissing, Pietter Laag dan Arthur Escher di tahun 1956, namun nasip kurang baik menghinggapinya karena salju abadi yang menjadi selimut ber abad - abad yang lalu hilang oleh pemanasan global yang merajalela di tahun 2003.

Penampakan Puncak Mandala Sekarang

5. Puncak Trikora (4750 mdpl)

Dominasi pegunungan di papua memang tak terbantahkan lagi, yang satu ini bukan anak dari pegunungan himalaya namun anak dari pegunungan maoke, puncak trikora berada di papua barat dan sebelah timur barisan sudirman,. tinggi puncaknya mencapai 4750 meter diatas permukaaan laut. Dulunya puncak trikora disebut - sebut gunung tertinggi nomer 2, namun data Shuttle Radar Topography Mission atau SRTM menunjukkan lebih rendah 9 meter dari puncak mandala. mungkin sebelum esnya menghilang bisa jadi puncaknya tertinggi nomer dua.

Penampakan Puncak trikora
Puncak Trikora

Tak mau kalah dari kedua tetangganya julukan lain juga didapatnya seperti pada masa penjajahan belanda puncak trikora lebih sering disebut dengan Wilhelmina Peak atau Puncak Wilhelmin. Pendaki pertama kali yang bisa meraih puncaknya yaitu Franssen Herderschee, Hubrecht dan Versteeg di tahun 1913, mungkin cuma kedua pendaki ini saja yang merasakan dinginnya salju di puncak trikora, karena sejak tahun 1962 gleter abadi sudah hilang ditelan oleh pemanasan global seperti kasus century.

6. Gunung Pangram Razi (5665 mdpl).

Setelah membahas 3 serangkainya Indonesia, (jayawijaya,madala dan trikora), kembali lagi ke Myanmar. Gunung Pangram Razi memiliki ketinggian 4660 m diatas permukaan laut, terletak hanya beberapa kilometer saja dari gunung hkakabo razi. Memiliki salju abadi yang masih terjaga adalah salah satu ciri - cirinya, bisa ditebak gunung pangram razi merupakan ekor dari pegunungan himalaya jadi dia adalah  adik dari gunung tertinggi di asia tenggara yaitu hkakabo razi.

Gunung Pangram razi
Gunung Pangram Razi

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah gunung pangram razi memiliki fasilitas pendakian yang lebih manusiawi ketimbang sang kakak, bahkan untuk mencapai titik awal pendakian banyak jasa - jasa jeep yang siap melayani anda jadi gak capek - capek amat menanggung beban hidup eh maskudnya beban keril , yah miskipun  untuk mencapai puncak dan pulang kembali dengan selamat memerlukan waktu sekitar 2 minggu lebih. maklum gunung - gunung di myanmar tergolong masih alami  belum banyak sampah - sampah berserakan.

7. Gunung Phonnyin razi (4560 mdpl)

Jika mendengar kata razi tersematkan dalam nama sebuah gunung sudah bisa dipastikan letaknya di Myanmar. saya sempat mikir " kebanyakan gunung tinggi di myanmar kog berakhiran razi ? " kita saya telurusi ternyata razi berarti rahasia. mungkin tidak ada kaitannya, tapi tunggu dulu rahasia identik dengan pencarian yang sulit dan penuh teka - teki, sangat cocok disematkan kepada gunung - gunung di myanmar karena sulitnya mencapai puncak. dan akses yang tidak mudah. back to topic.

Gunung Phonnyin razi
Gunung Phonnyin razi

Gunung Phonnyin razi memiliki ketinggian 4.560 m. karakteristiknya sama seperti gunung pangram razi bahkan banyak orang disana menganggap gunung ini adalah kembar. sangat cocok untuk penghobi pendakian karena paket wisata yang lengkap bahkan ada paket wisata berarung jeram juga. sangat menarik bukan ?

nah bagi kamu yang suka mendaki di luar negeri gunung Phonnyin razi dan pangram razi merupakan pilihan yang bijak, karena jika anda mengincar gunung khakabo razi  sangat sulit dalam perijinannya, pendakian ke gunung tertinggi tersebut hanya untuk kalangan expedisi, seperti pengukuran tinggi gunung, penelitian dan bukan hobi.

8. Gunung kinabalu (4095 mdpl)

Gunung kinabula berdiri kokoh di pulau Kalimantan, bukan berada dinegara Indonesia tapi di Malaysia, tepatnya di kota Sabah. Gunung kinabalu merupakan puncak tertinggi di negara yang berjuluk harimau malaya tersebut. kinabalu berasal dari sebuah nama desa yang berada di sekitaran gunung.


Jika ditelusuri dari penyempitan geografi, gunung kinabula merupakan gunung tertinggi di asia tenggara karena hkakabo razi sejatinya hanyalah ekor  jajaran pegunungan himalaya yang sebagian besar wilayahnya berada pada asia tengah, sedangkan trio papua sebagian besar besar wilayahnya berada pada benua oceania-australia.
Gunung kinabula merupakan gunung yang aman untuk didaki dan merupakan pavorit pendakian dikawasan asia tenggara, miskipin tergolong kedalam gunung yang ketinggiannya fantastis di asia tenggara (mencapai 4000 lebih).


Fasilitas yang lengkap dan pengurusan izin yang cukup mudah, Menjadi daya tarik yang menggiurkan bagi kalangan penikmat kopi di atas awan. Anda bisa mencapai puncak melewati jalan setapak yang terbuat dari susunan batu, dan hanya memerlukan waktu  4-6 jam saja seperti mendaki gunung bromo.


Masyarakat disekitaran gunung kinabalu percaya bahwa gunung ini merupakan lambang kemegahan dan tempat tinggal bagi roh – roh yang telah meninggal. Konon “ jika kamu membawa masalah, maka masalah – masalah tersebut akan pergi saat kamu menyaksikan indahnya matahari terbit di puncak kinabalu”.



9 Gunung sarameti (3826 mdpl).

Gunung Saramati memiliki ketinggian 3826 mdpl, gunung ini terletak di wilayah Myanmar utara sehingga berbatasan langsung dengan india. Gunung saramati terkenal karena selain cukup tinggi, tak ada jubah putih yang menyelimuti lerengnya alisan tak memiliki salju abadi.

Gunung Sarameti
Gunung sarameti

10 gunung kerinci (3805 mdpl).

Gunung Kerinci merupakan gunung api aktif tertinggi di asia tenggara dan gunung tertinggi di luar pulau papua. Ketinggiannya mencapai 3805 mdpl, mungkin akan berada diposisi lebih baik sebelum meletus pada 2009 silam.

Pemandangan indah di gunung kerinci
Pemandangan Indah di gunung Kerinci

Letaknya berada diwilayah kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinci Jambi dan masuk dalam kawasan taman nasional Kerinci Sablet tempat dimana harimau sumatra dan badak sumatra tinggal,  jangan pernah bermalam di shelter satu ya ! karena wilayah ini merupakan kekuasaan harimau sumatra.

Salah satu trek yang menyeramkan

Dipuncak gunung kerinci, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit, indahnya kota jambi, bengkulu, serta padang, bahkan samudra hindia terlihat jelas di puncaknya.Mungkin juga anda bisa melihat manufer calon cagub cawagub DKI jakarta jika beruntung :p .

Sekian dulu pembahasan tentang 10 gunung tertinggi di Asia tenggara ya, jika anda suka silahkan share :D

Jumat, 03 Juni 2016

5 wisata pantai terindah di jogja

wisata pantai di jogja  - Jogja yang terkenal dengan sebutan kota pendidikan. ternyata tak hanya memulu wisata pendidikan, namun juga ada sport wisata yang menarik diantaranya wisata alam, wisata budaya dan lain - lain pokoknya lengkap. Bicara wisata alam, jogja memiliki banyak tempat wisata pantai yang tak kalah bagus dengan pantai - pantai yang ada di bali, atau pantai yang ada di Lombok.

Karena berbatasan langsung dengan samudra hindia tak heran jika jogja memiliki lebih dari 30 pantai yang sudah dibuka untuk tujuan wisata. saking banyaknya pantai di jogja mungkin kamu gak akan cukup jika menjelajahinya cuma 1 bulan apalagi cuma sehari :p .

oke udah - udah basa - basinya :D

Kali ini infoinkamu.com akan membahas 5pantai terindah  di jogja yang bakal membuat kamu nyesel jika gak mengunjungi, cek is out !!

1. Pantai Indrayanti

Pantai indrayanti juga disebut pantai bulan syawal oleh penduduk setempat namun lebih terkenal dengan sebutan indrayanti. sekilas pantai ini mirip sekali dengan pantai kuta bali. pasir putih yang membentang luas dari barat ke timur memberikan sensasi serasa  berada di kuta bali, tak perlu jauh - jauh ke bali bukan ?,di hari libur banyak wisatawan pergi kepantai ini maklum pantai terkenal hhe.

Tak hanya berhiaskan oleh pasir putih saja, namun juga terdapat bukit karang yang membatasinya sehingga menyajikan pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan pantai - pantai lainnya yang berada di gunung kidul. Banyak wisatawan yang terpangil untuk menceburkan diri karena airnya yang biru bening nan bersih dan ombak tergolong aman untuk bermain - main.

Fasilitas di pantai indarayanti cukup lengkap jika dibandingkan dengan  pantai di jogja lainya, seperti restoran, cafe serta deretan penginapan siap memanjakan dirimu ketika sudah lelah bermain - main dengan ombak. gazebo - gazebo akan memanjakan matamu ketika malam hari datang ditambah kerlip sinar lampu menambah suasana romantas ala - ala film holliwod hhe.

Pantai yang  terletak di sebelah timur pantai sundak, tepatnya berada di kecamatan tepus kabupaten gunung kidul ini memiliki sisi yang menarik lo, apa itu ? yaitu pengunjung akan terkena denda jika membuang sampah sembarangan di pantai indaryanti ini menarik bukan ? makanya pantai ini selalu bersih dari sampah - sampah wisatan.

Nah apakah kamu tertarik untuk berkunjug ke pantai indrayanti ?

pantai indrayanti
Pantai Indrayanti


2. Pantai Baron

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang sangat mudah di akses. karena kemudah aksesnya ini makanya jadi terkenal. Pantai baron sebenarnya teluk yang di apit oleh 2 bukit yang terletak di sebelah timur dan barat. tak terlalu besar sih pantai yang satu ini.

Yang menarik dari pantai baron ini adalah adanya sungai yang bermuara langsung ke lautan. sehingga pertemuan 2 air beda rasa ini memberikan pemandangan yang sungguh beda dengan pantai laiinya sehingga banyak narik minat masyarakat untuk berdatangan.

Tak hanya itu setelah puas dengan pertemuan dua air,  kamu bisa mencoba untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai baron dengan menaiki mercusuar yang baru saja di bangun tahun 2013-an. inilah daya tarik dari pantai baron.

pantai baron
Pantai Baron


3. Pantai Drini

Pantai yang terletak di sebelah timur pantai sepanjang ini memiliki sisi unik lho yakni terdapat sebuah pulau karang  yang terletak didepannya. jika kamu kesana jangan lupa ya jamahi pulaunya juga. Menariknya terdapat murcusuar yang berdiri gagah menyambut para nelayan ketika pulang dari mencari ikan, oh ya kamu bisa kog naik di murcusuar ini miskipun tak setinggi di pantai baron namun pemandangannya tetap oke punya

Selain itu pohon pohon yang tumbuh di bukit karang tersebut di hindari oleh ular - ular berbisa, makanya pada waktu tertentu bukit ini jadi tempat singgah para penyu untuk bertelur.

Pantai Drini
Pantai Drini


4. Pantai Siung

Kamu pencinta panjat tebing ? kalo iyo pantai yang satu ini wajib kamu kunjungi, karena di sekitar pantai ini terdapat tebing - tebing curam yang siap kamu taklukkan. Disamping itu kamu juga bisa menikmati pemandanga dari atas tebing sungguh pengalaman yang seru bukan , olahraga sambil menikmati deburan ombak yang menggugah hati.

Pantai siung terletak di kecamatan tepus, Kabupaten Gunung Kidul, oh ya sekedar informasi pantai ini dinamakan pantai siung karena ada satu karang yang menjorok kelaut dan membentuk seperti gigi taring kera begitulah menurut penduduk setempat.

pantai siung
Pantai Siung

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai cantik ini masih bertetangga dengan pantai siung dan pantai idrayanti. Tak mudah memang memcapai pantai pok tunggal ini, kamu harus melewati jalan yang berluku -luku namun tenang saja hempasan angin sepoi - sepi dan deburan ombak cantik nan indah akan membayar jerih payahmu.

Menariknya Terdapat sebuah pohon duras yang tumbuh rindang berdiri gagah seakan menantang ombak yang datang kepadanya. pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat di jaga oleh masyarakat setempat jadi tak heran kalo ada teguran jika kamu memanjat pohon tersebut ditambah lagi penduduk setempat menjadikan pohon ini sebagai icon pantai pok tunggal.

Pantai PokTunggal
Pantai Pok Tunggal


Oke sikian dulu ya ulasan tentang wisata pantai yang ada di jogja

Senin, 25 Januari 2016

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pendaki pemula

Pendaki pemula, ya 2 kata yang sering dilontarkan untuk menggambarkan kamu yang baru masuk ke dunia negri di atas awan alias puncak gunung. Disetiap perjalanan mendaki pasti ada saja pendaki pemula, ya mau gimana lagi sekarangkan puncak gunung menjelma menjadi wisata paling populer versi infoinkamu.com

Tingkahnya yang malu - malu, perasaan kikuk  dan bingung akan hal - hal baru adalah ciri dari sekian banyak ciri - ciri pendaki pemula yang mudah di identifikasi. la kog tau ? kan pernah merasakan menjadi pemula jadi ya taulah gimana rasanya hhe.

Semua itu hal yang wajar, ketika masuk di dunia yang baru, setiap orang memulai dari titik yang sama yakni sebagai pemula, bahkan untuk pedaki profesional sekalipun bedanya mereka mau belajar dan terus belajar dari pengalaman sehingga mendaki tetap amaan dan tetap menyenangkan.

Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan merupakan cara yang tepat untuk kita, terkadang kita sering tidak percayaan dengan perkataan dari orang lain bahkan tidak tau apa yang kita perbuat salah atau bernar sehingga Tuhan memberikan rekam jejak sehingga kita bisa meng-angan - angan dan mau belajar kearah yang lebih baik

kesalahan yang sering dilakukan pendaki pemula


Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemula:

1. Membawa barang bawaaan terlalu banyak

Yang satu ini merupakan yang sering dilakukan oleh pendaki pemula. Membawa perlengkapan terutama pakaian dan makanan terlalu banyak sehingga bisa dibayangkan betapa beratnya keril yang akan dibawa nantinya. Ujung - ujungnya minta di bawaiin temen, kan jadinya merepotkan. Nah sebaiknya kamu bisa berkonsultasi dahulu ke teman yang sudah berpengalaman

Atau kamu punya inisiatif seperti ini membawa 1 barang saja dari 2 barang yang mempunyai fungsi sama, misalnya membawa sepatu atau sandal, nah kedua barang ini kan mempunyai fungsi yang sama yakni melindungi kaki. tips untuk kamu, jika mendaki gunung dengan medan yang mudah dan mendaki untuk tidak bermalam bisa menggunakan sandal, namun jika kamu mendaki di cuaca buruk atau mendaki untuk bermalam sebaiknya menggunakan sepatu karena jika cuaca buruk dan medan berlumpur sandal mahal kamu bisa putus.

So, pilihlah perlengkapan se efisien mungkin ya !! :D

2. Tidak peduli pada cuaca.

keinginan yang menggebu - gebu terkadang membuat kita lupa dengan kondisi sekitar, hal ini yang sering dilakukan pendaki pemula yaitu memilih waktu pendakian yang kurang tepat misalnya mendaki di musim hujan. Parahnya mereka pergi tidak membawa perlengkapan yang memadai seperti jas hujan, coverbag, dan flysheet sebagai pelindung diri dari hujan.

Disamping itu memang cuaca di gunung tidak bisa ditebak, dikira gak hujan eh malah hujan ya begitulah kalo alam yang berbicara, namun miskipun tidak bisa dipastikan kebenaran akurasi cuacanya 100% kamu masih bisa menggunakan perkiraan cuaca untuk menentukan persiapan dan langkah apa yang akan dilakukan.

Nah disini gunanya akal pikiranmu bekerja, cobalah untuk memperkirakan perlengkapan yang harus dibawa jika sewaktu - waktu terjadi hujan seperti jas hujan, pelindung pakaian atau kamu bisa baca - baca tips mendaki disaat hujan untuk menambah wawasan kamu.


3. Memakai pakaian yang tidak sesuai

Pakaian berbahas jins sering saya temukan ketika mendaki, entah ada apa alasannya mungkin biar dikira trendy mungkin atau cuma ikut - ikut film 5 cm, padahal memakai pakaian ini hanya akan membuat kamu risih soalnya apa, soalnya naik gunung itu membuat kita jadi sering bergerak jadi gesekan dengan kain jeans bisa menimbulkan memar di selangka anda klo gk percaya coba aja. Seian itu bahan jeans juga sulit kering jika terkena air dan tidak bisa menahan cuaca dingin.

Nah rekomendasi untuk kamu jika pendakian hanya dalam waktu singkat gunakan pakaian berbahan katun, namun untuk pendakian dalam jangka pancang dan perlu mendirikan tenda lebih baik menggunakan pakaian berbahan polyester.

Bahan ini mempunyai banyak kelebihan salah satunya jika terkena air cepat atau mudah, pakaian ini jadi sebaguna bagus digunakan untuk cuaca gunung yang tidak menentu. jadi sangat dianjurkan sekali memakai pakaian berbahan polyster saat mendaki di gunung manapun.


4. Meninggalkan barang - barang penting dirumah

Memang mengenali kondisi dan karakteristik gunung sebelum mendaki itu penting, setidaknya search dulu pengalaman - pengalaman atau perlengkapan apa yang harus di bawa ketika mendaki di suatu gunung, pasti ada yang share kog, tenang aja. hal ini lah yang jarang dilakukan pendaki pemula cari - cari info.

Setelah kita tau kondisi gunung kita tau barang apa yang sangat di butuhkan  misalnya jas hujan  untuk gunung - gunung berkarakteristik lembab dan hutan disekitarnya jarang terkena paparan sinar matahari dan jangan lupa juga .

sekian dulu ya semoga info ini bermanfaat, jangan lupa klik share di bawah ya :D

Sabtu, 02 Januari 2016

Inilah kata - kata pendaki gunung yang sangat menginspirasi, kamu suka yang mana ?

Gunung, ya satu kata yang tuhan berikan untuk menunjukkan betapa kecilnya kita yang angkuh ini. satu kata yang membuat kita tak luput dari rasa syukur ketika menjamahinya.

Beruntung Tuhan memberikan kita tempat seindah ini untuk selalu bersyukur betapa kuasanya Dia. Tak perlu berfikir panjang untuk sekedar lari dari penatnya kerjaan atau macetnya kota,datanglah ke gunung, dia akan menasehatimu.

Tak seperti bangku sekolah, atau pendidikan - pendidikan formal lainnya, gunung adalah universitas alam raya yang senantiasa memberikan pelajaran yang lebih rumit dari matematika atau fisika bahkan ilmu sosial, namun tetap menyenangkan dan tak pernah membuat kamu bosan.

Magis gunung tak hanya terletak pada indahnya pemandangan negri diatas awan atau bunga edelweisnya saja. melainkan hikmah yang dapat kita ambil dari perjalanan belajar di universitas alam ini.

Gunung merupakan tempat yang tepat untuk menguji kesabaran, ego diri sendiri, serta batas kemampuan diri sendiri. Tak jarang sosok yang beda akan kamu temui saat teman atau orang yang kamu kenal pulang dari menimba ilmu di alam raya ini.

Tak sedikit pula dari mereka yang sudah kenyang menimba ilmu pada alam menuangkan pengalamannya dengan kata - kata yang menarik memberikan motivasi tentunya menginspirasi juga. kata - kata indah ini seolah olah mengajak kita untuk segera mencoba memulai perjalanan mendaki.

Semakin banyak pengalaman semakin bijak pula kata yang diucapkan, berikut kata - kata bijak tentang alam dan pendakian

Kata indah pendaki
Soe Hok Gie via kaskus.co.id

"It is not the mountain we conquer but ourselves" Bukan gunung yang harus kita taklukkan tapi diri kita sendiri (Edmund Hillary)

"Happiness only real when shared" Kebahagiaan hanya akan menjadi nyata, saat kita berbagi (Christopher McCandless)

"You don't have to be a fantastic hero to do certain things - to compete. You can be just an ordinary chap, sufficiently motivated to reach challenging goals" Tidak perlu menjadi pahlawan yang hebat untuk melakukan suatu hal, untuk bersaing anda hanya mendapat piala biasa. Cukuplah dengan motivasi untuk tujuan yang menantang (Edmund Hillary)

"No mountain is worth even a finger or a toe to frostbite. Return home is real success. Summit is only bonus" Tidak ada gunung yang senilai jari tangan atau kaki. Rumahlah tempat kita kembali. Puncak hanyalah bonus ( Alan Hinkes)

"trees give peace to the souls of men" Pohon memberikan ketenangan bagi jiwa Manusia( Nora Waln)

"Each fresh peak ascended teaches something"Setiap puncak yang baru didaki selalu mengajarkan sesuatu(Sir Martin Convay)

"The experienced mountain climber is not intimidated by a mountain, he is inspired by it" Pendaki berpengalaman tidak terintimidasi oleh gunung, namun terinspirasi(William Artur Ward)

"Wilderness is not a luxury but a necessity of the human spirit, and as vital to our lives as water and good bread." Alam raya bukanlah sebuah kemewahan, melainkan suatu kebutuhan bagi jiwa manusia, dan itu sama pentingnya dengan kebutuhan air dan makanan yang baik bagi tubuh kita (Edward Abbey).

"You need special shoes for hiking, and a bit of a special soul as well" Kamu butuh sepatu spesial untuk mendaki, dan juga jiwa yang spesial(Terri Guillemets)

"The mountains will always be there, the trick is to make sure you are too" Gunung - gunung akan selalu ada, ini untuk membuatmu yakin (Hervey Voge)

"Every mountain top is within reach if you just keep climbing" setiap puncak bisa kamu capai jika kamu menjaga pendakian (Barry Finlay, Kilimanjaro and Beyond)

"I like the mountains because they make me feel small,' Jeff says. 'They help me sort out what's important in life." aku menyukai pegunungan karena mereka(gunung) membuatku merasa kecil. jeff mengatakan mereka membantuku memilah - milah apa yang penting dalam hidup

"The length of the fall is dictated by how far we had climbed. The outcome of the fall is dictated by whether we’re holding on to that which we’re climbing, or we’re letting God hold onto us" panjangnya musim gugur ditentukan seberapa jauh kita mendaki. hasil dari musim gugur ini ditentukan oleh apa yang menjadikan pegangan kita, atau tuhan yang memegangi kita.(Craig D. Lounsbrough)

"The harder you fall, the heavier your heart; the heavier your heart, the stronger you climb; the stronger you climb, the higher your pedestal" semakin jauh anda terjatuh, semakin berat hatimu, semakin terpuruk dirimu, semakin kuat anda melangkah, semakin tinggi tempatmu berpijak(Criss Jami, Killosophy).

"It’s always further than it looks. It’s always taller than it looks. And it’s always harder than it looks" Selalu lebih jauh, lebih tinggi, dan lebih sulit dari yang terlihat (3 Rule of Mountaineering)

"Somewhere between the bottom of the climb and the summit is the answer to the mystery why we climb" Suatu tempat antara wilayah bawah pendakian dan puncak adalah jawaban atas misteri mengapa kita mendaki(Greg Child)

"Climbing, simply and joyfully, is the way I love the world" mendaki itu mudah, menyenangkan dan cara yang aku lakukan untuk mencintai dunia(Steph Davis).

"To see what others can not...You must climb the mountain". untuk melihata apa yang tidak bisa kamu lihat. maka kamu harus mendaki gunung(Ron Akers).

"Climbing is really great, we all love climbing. But what's interesting to me is what happens in my head or in my life because of it. Ultimately, I think climbing is a vehicle for exploration - of the world, of the self." mendaki benar - benar hebat, kita semua menyukai pendakian, yang membuat saya tertarik yaitu apa yang ada dikepalaku dan hidupku semuanya tentang pendakian. pada akhirnya aku berfikir mendaki merupakan tempat untuk mengetahui diri sendiri dan memahami dunia.(Steph Davis)

"Study nature, love nature, stay close to nature. It will never fail you" Belajar tentang alam, mencintai alam, dan tetap dekat dengan alam. Hal itu tak akan membuat kamu gagal (Frank Lloyd Wright).

Jika kamu sedang mencari ide kreatif, keluarlah dan berjalan kaki. Malaikat berbisik kepada manusia, ketika dia pergi untuk berjalan kaki.(Raymond Inmon)

"Sebuah negara tidak akan pernah kehilangan pemimpinya yg berwibawa jika pemudanya masih suka menjelajahi hutan dan mendaki gunung" (anonymous)

Yang terpenting adalah Proses pendakian bukan soal Puncak. pendakian itu harus puncak itu bonus. ketika kaki menginjak di titik tertinggi jangan beranggapan kau menakhlukannya. pendakian bukan soal pembuktian diri, tapi soal penakhlukan diri

Gunung itu seperti Ibu, dia adalah tempat pelarian terbaik disaat diri kita sedang membutuhkan semangat baru (anonymous).

Aku tidak pernah berniat menaklukkan gunung! Mendaki gunung hanyalah bagian kecil dari pengabdian… … pengabdianku kepada Yang Maha Kuasa! (Idhan Lubis).

Mendakilah ketika kamu lelah menjalani hidup, puncak dan segenap pemandangannya akan menghapus beban yang saat itu kamu pikul ( The A ).

Rasa Lelah mendaki yang kamu rasakan akan sebanding dengan inspirasi yang kamu dapatkan ( The A)

Baca juga : 10 Gunung tertinggi di Asia Tenggara 

Itulah beberapa kutipan kata - kata motivasi tentang pendakian, nah kata yang mana yang menginspirasimu untuk mendaki ? klik share ya :D