Kesalahan yang sering dilakukan oleh pendaki pemula

Pendaki pemula, ya 2 kata yang sering dilontarkan untuk menggambarkan kamu yang baru masuk ke dunia negri di atas awan alias puncak gunung. Disetiap perjalanan mendaki pasti ada saja pendaki pemula, ya mau gimana lagi sekarangkan puncak gunung menjelma menjadi wisata paling populer versi infoinkamu.com

Tingkahnya yang malu - malu, perasaan kikuk  dan bingung akan hal - hal baru adalah ciri dari sekian banyak ciri - ciri pendaki pemula yang mudah di identifikasi. la kog tau ? kan pernah merasakan menjadi pemula jadi ya taulah gimana rasanya hhe.

Semua itu hal yang wajar, ketika masuk di dunia yang baru, setiap orang memulai dari titik yang sama yakni sebagai pemula, bahkan untuk pedaki profesional sekalipun bedanya mereka mau belajar dan terus belajar dari pengalaman sehingga mendaki tetap amaan dan tetap menyenangkan.

Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan merupakan cara yang tepat untuk kita, terkadang kita sering tidak percayaan dengan perkataan dari orang lain bahkan tidak tau apa yang kita perbuat salah atau bernar sehingga Tuhan memberikan rekam jejak sehingga kita bisa meng-angan - angan dan mau belajar kearah yang lebih baik

kesalahan yang sering dilakukan pendaki pemula


Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pemula:

1. Membawa barang bawaaan terlalu banyak

Yang satu ini merupakan yang sering dilakukan oleh pendaki pemula. Membawa perlengkapan terutama pakaian dan makanan terlalu banyak sehingga bisa dibayangkan betapa beratnya keril yang akan dibawa nantinya. Ujung - ujungnya minta di bawaiin temen, kan jadinya merepotkan. Nah sebaiknya kamu bisa berkonsultasi dahulu ke teman yang sudah berpengalaman

Atau kamu punya inisiatif seperti ini membawa 1 barang saja dari 2 barang yang mempunyai fungsi sama, misalnya membawa sepatu atau sandal, nah kedua barang ini kan mempunyai fungsi yang sama yakni melindungi kaki. tips untuk kamu, jika mendaki gunung dengan medan yang mudah dan mendaki untuk tidak bermalam bisa menggunakan sandal, namun jika kamu mendaki di cuaca buruk atau mendaki untuk bermalam sebaiknya menggunakan sepatu karena jika cuaca buruk dan medan berlumpur sandal mahal kamu bisa putus.

So, pilihlah perlengkapan se efisien mungkin ya !! :D

2. Tidak peduli pada cuaca.

keinginan yang menggebu - gebu terkadang membuat kita lupa dengan kondisi sekitar, hal ini yang sering dilakukan pendaki pemula yaitu memilih waktu pendakian yang kurang tepat misalnya mendaki di musim hujan. Parahnya mereka pergi tidak membawa perlengkapan yang memadai seperti jas hujan, coverbag, dan flysheet sebagai pelindung diri dari hujan.

Disamping itu memang cuaca di gunung tidak bisa ditebak, dikira gak hujan eh malah hujan ya begitulah kalo alam yang berbicara, namun miskipun tidak bisa dipastikan kebenaran akurasi cuacanya 100% kamu masih bisa menggunakan perkiraan cuaca untuk menentukan persiapan dan langkah apa yang akan dilakukan.

Nah disini gunanya akal pikiranmu bekerja, cobalah untuk memperkirakan perlengkapan yang harus dibawa jika sewaktu - waktu terjadi hujan seperti jas hujan, pelindung pakaian atau kamu bisa baca - baca tips mendaki disaat hujan untuk menambah wawasan kamu.


3. Memakai pakaian yang tidak sesuai

Pakaian berbahas jins sering saya temukan ketika mendaki, entah ada apa alasannya mungkin biar dikira trendy mungkin atau cuma ikut - ikut film 5 cm, padahal memakai pakaian ini hanya akan membuat kamu risih soalnya apa, soalnya naik gunung itu membuat kita jadi sering bergerak jadi gesekan dengan kain jeans bisa menimbulkan memar di selangka anda klo gk percaya coba aja. Seian itu bahan jeans juga sulit kering jika terkena air dan tidak bisa menahan cuaca dingin.

Nah rekomendasi untuk kamu jika pendakian hanya dalam waktu singkat gunakan pakaian berbahan katun, namun untuk pendakian dalam jangka pancang dan perlu mendirikan tenda lebih baik menggunakan pakaian berbahan polyester.

Bahan ini mempunyai banyak kelebihan salah satunya jika terkena air cepat atau mudah, pakaian ini jadi sebaguna bagus digunakan untuk cuaca gunung yang tidak menentu. jadi sangat dianjurkan sekali memakai pakaian berbahan polyster saat mendaki di gunung manapun.


4. Meninggalkan barang - barang penting dirumah

Memang mengenali kondisi dan karakteristik gunung sebelum mendaki itu penting, setidaknya search dulu pengalaman - pengalaman atau perlengkapan apa yang harus di bawa ketika mendaki di suatu gunung, pasti ada yang share kog, tenang aja. hal ini lah yang jarang dilakukan pendaki pemula cari - cari info.

Setelah kita tau kondisi gunung kita tau barang apa yang sangat di butuhkan  misalnya jas hujan  untuk gunung - gunung berkarakteristik lembab dan hutan disekitarnya jarang terkena paparan sinar matahari dan jangan lupa juga .

sekian dulu ya semoga info ini bermanfaat, jangan lupa klik share di bawah ya :D

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kesalahan yang sering dilakukan oleh pendaki pemula "

  1. saya tidak akan melakukan kesalahan tersebut, karena saya sudah membaca artikel ini :D keren pak :)

    BalasHapus