PANTAI ALAMI YANG COCOK DIGUNAKAN CAMPING DI JOGJA

infoinkamu.com – Siapa sih yang tidak mengenal Yogyakarta. Ya hampir sebagian masyarakat Indonesia memasukkan Yogyakarta sebagai tempat tujuan destinasi wisata mereka. Hal ini karena Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat-tempat destinasi wisata yg epic. Mulai dari pegunungan sampai dengan pantai dan bahkan wisata sejarah dan budaya juga ada di kota ini, pokoknya sangat lengkap deh.

Khusus buat kalian nih yang ingin berkemah di pantai tidak usah khawatir karena Jogja mempunyai sejumlah pantai yang wonderful banget dan cocok dijadikan tempat camping. Penasaran kan pantai mana saja yang cocok buat lokasi camping kalian di Jogja? Berikut saya kasih list nya.

3 Pantai Yang Cocok Buat Camping Di Jogja

1. Pantai Wohkudu

Pantai ini terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Dari kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan. Pantai ini letaknya agak tersembunyi karena diapit oleh 2 bukit. Letaknya yang tersembunyi inilah yang membuat belum banyak orang yang mengetahui lokasi pantai ini sehingga pantai ini cocok digunakan sebagai tempat berkemah.

Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir laut yang terlalu luas karena posisinya yang diapit oleh 2 bukit. Suasana di pantai ini masih sangat hening dan damai cocok sekali bagi anda yang ingin melepas penat. Melihat birunya air laut dan mendengar suara debur ombak sambil rebahan di pasir pantai yang halus dan lembut membuat hati dan fikiran serasa tentram dan rileks.

2. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisobo, kabupaten Gunungkidul. Dari Jogja bisa ditempuh selama 2-3 jam perjalanan. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan pantai Wediombo.

Karakteristik dari pantai ini yaitu pasir putihnya yang halus dan garis pantainya yang melengkung menjadikannya sangat cantik. Serta ombak di pantai ini cukup besar jadi tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Di sebelah pantai ini terdapat bukit Manjung yang bisa digunakan untuk tempat berkemah. Pantai ini terbilang masih cukup sepi dan belum ramai pengunjung. Hal inilah yang membuat pantai ini begitu cocok dijadikan lokasi camping selain juga pantainya yang sangat panjang dan luas.

Karena pantai ini letaknya jauh dengan warung-warung dan pemukiman warga jadi jika ingin bermalam di pantai ini siapkanlah segala kelengkapan peralatan camping kalian dengan lengkap dan teliti ya jangan sampai ada yang ketinggalan.

3. Pantai Krokoh

@catatannobi

Pantai ini letaknya di desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Lokasi pantai ini memang sangat tersembunyi karena terletak di balik perbukitan sisi sebelah timur pantai Sadeng. Selain itu juga belum ada papan penunjuk arah ke pantai ini, jadi jika ingin mengunjungi pantai ini kalian harus bertanya kepada penduduk setempat mengenai lokasi pantai Krokoh ini.

Karena letaknya yang tersembunyi dan medan yang cukup sulit dilalui kendaraan menjadikan pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga pantai ini masih sangat sepi dan bisa dikatakan masih “perawan”. Sangat cocok sekali dijadikan untuk tempat mendirikan tenda alias camping.

Pantai ini bentuknya seperti teluk karena diapit oleh 2 bukit yang menjorok ke laut yang ada di sekitar pantai. Karakteristik pantainya tak beda jauh dengan pantai-pantai lainnya di pesisir selatan Jawa.

Pasir putih yang lembut, air laut yang berwarna biru jernih dan ombak yang lumayan besar. Tempat ini bisa dibilang sebagi “private beach” buat kita karena kondisinya masih benar-benar sepi dan hening.

Kesimpulan, Jika kalian berencana untuk bermalam di pantai-pantai tersebut persiapkanlah segala kebutuhan kalian dengan lengkap karena mengingat lokasi pantai tersebut yang jauh dari pemukiman warga. Dan jangan lupa bawa kembali sampah-sampah kalian agar kebersihan pantai tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *