5 Tips Penting Nikah Muda Antara 20- 25 tahun

infoinkamu.com – Belakangan ini nikah muda memang sedang menjadi trend. Banyak anak-anak muda yang baru memasuki usia 20 berbondong-bondong ingin segera melangsungkan pernikahan dengan pasangan mereka masing-masing. Menurut BKKBN, usia ideal untuk menikah yaitu 21 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria.

Memang tidak ada salahnya untuk melakukan pernikahan di usia yang masih sangat muda, tetapi yang paling terpenting adalah pikirkan matang-matang dahulu sebelum kalian benar-benar ingin mengambil keputusan untuk nikah di usia yang sangat muda.

Karena pernikahan sebaiknya hanya dilakukan sekali seumur hidup jadi sebaiknya pertimbangkan dan pikirkan secara masak-masak apabila kalian ingin menikah di usia yang masih sangat muda. Untuk membantu kalian yang mungkin sedang bingung sebelum menikah di usia muda, disini saya bagikan tips-tips untuk kalian yang akan berencana menikah muda.

5 Tips Penting Nikah Muda Antara 20- 25 tahun

@ayobuka

1. Persiapkan Mental

Hal yang satu ini menjadi hal penting yang harus dipersiapkan oleh pasangan yang akan nikah muda. Jangan sampai pada saat sudah menikah mental kita masih sama seperti saat kita masih sendiri. Dengan kata lain kita memiliki tanggung jawab untuk keluarga baru kita nantinya dan kita harus siap mengorbankan apapun demi keluarga baru yang kita miliki setelah menikah.

2. Kecocokan

Banyak orang beranggapan bahwa kecocokan dengan pasangan menjadi hal yang kurang begitu penting dalam prnikahan. Tapi ternyata hal ini sebenarnya memegang peranan penting dalam membangun sebuah rumah tangga. Pastikan kamu dan pasangan kamu merasa cocok terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikah. Sebagai pasangan kalian harus bisa saling melengkapi, saling mengisi, saling memahami dan bisa membuat nyaman satu sama lain.

3. Kestabilan Finansial

Karena menikah tidak hanya untuk sehari dua hari saja maka kalian juga harus memikirkan masalah finansial untuk kedepannya. Karena pada usia muda lebih banyak goncangan-goncangan yang mucul dalam pernikahan tak terkecuali dalam hal perekonomian. Pastikan kalian sudah memiliki pekerjaan dan sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga kalian kelak setelah menikah tanpa harus mengandalkan orang lain.

4. Landasan Iman Yang Kuat

Sebelum menikah niat dan tujuan kalian haruslah benar .Jangan sampai iman kalian goyah oleh hal-hal yang dapat menyebabkan terganggunya rumah tangga kalian suatu saat nanti. Perdalamlah ilmu-ilmu keagamaan kalian supaya semakin kuat pernikahan kalian dan diberkati oleh Tuhan rumah tangga kalian. Sehingga pernikahan kalian bisa bertahan dari ancaman godaan apapun.

5. Rencana Masa Depan

Setiap manusia pasti mempunyai rencana untuk hidupnya di masa yang akan datang, tak terkecuali juga dalam pernikahan. Sebelum menikah kalian harus mendiskusikan dengan pasangan kalian terkait apa rencana kalian ke depannya untuk rumah tangga yang akan kalian bina nantinya. Meskipun kalian menikah di usia muda hal ini juga wajib kalian lakukan untuk merancang rencana bagi masa depan pernikahan kalian supaya kalian bisa tetap teguh mempertahankan pernikahan kalian sesuai dengn apa yang telah kalian impikan.

Itulah 5 hal yg harus kalian persiapkan sebelum kalian akan menikah di usia muda. Pastikan niat menikah kalian sudah dipertimbangkan baik-baik karena menikah merupakan sesuatu yang sangat sakral di dalam hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *