Apa sii Perbedaan SIM UMUM & SIM INTERNASIONAL

Infoinkamu.com – Setiap pengendara kendaraan bermotor di Indonesia diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Di Indonesia sendiri, Surat Izin Mengemudi ini dibagi menjadi beberapa golongan yang menentukan kendaraan yang boleh dikemudikan oleh pemegang SIM sesuai dengan persyaratan yang ditentukan berdasarkan Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)
Berikut beberapa jenis SIM yang berlaku di Indonesia:

  • SIM A
  • SIM B1
  • SIM B2
  • SIM C
  • SIM D

Apa sii Perbedaan SIM UMUM & SIM INTERNASIONAL

@tokopuas

Tapi disini saya akan membahas mengenai perbedaan antara SIM A, SIM Umum dan SIM Internasional.

1. SIM A

Surat Izin Mengemudi jenis ini berlaku untuk mengemudikan mobil penumpang & barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3500 kg. Adapun persyaratan untuk mendapatkan SIM A yaitu:

– Usia minimal 17 tahun
– Memiliki KTP
– Mengisi formulir permohonan
– Memiliki rumus sidik jari
– Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter
– Lulus ujian teori, praktik dan ketrampilan melalui simulator

Biaya untuk pembuatan SIM A baru yaitu Rp.120.000 sedangkan biaya untuk perpanjangan masa aktif SIM A sebesar Rp. 80.000. SIM A ini berlaku selama 5 tahun.

2. SIM UMUM

Surat Izin Mengemudi ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang/orang dengan tujuan mendapatkan imbalan berupa uang sesuai tarif yang telah ditentukan oleh suatu daerah. SIM Umum ini terbagi menjadi:

– SIM A Umum
– SIM B1 Umum
– SIM B2 Umum

Untuk mendapatkan SIM jenis ini, anda diwajibkan untuk memiliki SIM sebelumnya selama kurang lebih 1 tahun. Contoh jika anda ingin mendapat SIM A Umum maka anda harus memiliki SIM A (perorangan) selama lebih dari 12 bulan. Adapun biaya untuk pembuatan baru SIM Umum ini sebesar Rp. 120.000 sedangkan untuk perpanjangan SIM Umum sebesar Rp. 80.000. masa berlaku SIM Umum yaitu 5 tahun.

3. SIM INTERNASIONAL

Surat Izin Mengemudi jenis ini merupakan SIM yang digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor secara internasional dengan SIM yg berlaku dinegara yang menerbitkan SIM tersebut. Apabila kalian ingin membuat SIM Internasional, berikut persyaratn yang harus anda siapkan:

  • Paspor
  • SIM Indonesia yang masih berlaku
  • KTP
  • Foto ukuran 4×6 dengan background warna biru sebanyak 3 lembar
  • Materai Rp.6000
  • Fotocopy paspor,SIM dan KTP

Terdapat 5 golongan SIM Internasional. Sedangkan masa berlaku SIM Internasional ini yaitu selama 3 tahun. Biaya untuk pembuatan SIM Internasional baru yaitu Rp.250.000 sedangkan untuk perpanjangan SIM Internasional yaitu Rp.225.000.

Semoga anda menjadi lebih paham tentang jenis-jenis Surat Izin Mengemudi yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *