Aturan Pola Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

infoinkamu.com – Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia yang harus dipenuhi. Pola tidur yang baik dapat memengaruhi kualitas hidup anda, termasuk produktivitas, keseimbangan emosi, bahkan berat badan anda.

Waktu tidur yang baik yaitu sekitar 7 hingga 9 jam per hari untuk orang dewasa. Dan 10-18 jam per hari untuk bayi dan anak-anak. Jika anda kurang tidur mungkin akan muncul gangguan-gangguan dalam diri anda, seperti:

  • Letih dan lesu
  • Kurang konsentrasi
  • Terganggunya skill motorik
  • Kurang bisa mengontrol emosi

Dan masih banyak lagi gangguan yang diakibatkan jika kita kurang tidur. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa beristirahat dengan pola waktu yang benar? Jawabannya ada di dalam tips-tips di bawah ini.

5 Aturan Pola Tidur Yang Baik

Aturan Pola Tidur Yang Baik
@hellosehat

1. Terapkan Waktu Tidur Teratur

Cobalah untuk beristirahat dengan waktu yang sama setiap malamnya. Misalnya hari ini anda pergi tidur pukul 9 malam, maka keesokan malamnya anda juga harus pergi tidur pada waktu yang sama seperti malam sebelumnya. Perlu disiplin untuk melakukan hal ini agar waktu tidur anda menjadi lebih teratur.

2. Matikan Ponsel

Hal ini karena radiasi dari ponsel dapat menyebabkan waktu yang lama bagi tubuh untuk bisa tidur nyenyak. Jadi sebaiknya matikan atau jauhkanlah ponsel anda pada saat akan tidur.

3. Ritual Sebelum Tidur

Ritual disini maksudnya adalah beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan agar lebih cepat untuk tidur. Contohnya seperti mendengarkan music ataupun membaca buku. Tapi hindarilah bacaan yang berat yang memaksa otak untuk bekerja dan susah untuk tidur. Sebaiknya bacalah bacaan yang ringan seperti komik, novel dan buku bacaan sejenis lainnya.

4. Hindari Kafein, Alkohol, Nikotin

Karena efek dari kafein ini akan hilang sekitar 2-4 jam, jadi hindarilah minum kopi sebelum tidur. Begitu pula dengan konsumsi minuman beralkohol dan kandungan Nikotin dalam rokok yang dapat menyebabkan anda susah tidur.

5. Hindari Tidur Di Siang Hari

Jika kalian tidur di siang hari maka hal ini akan cenderung membuat anda insomnia atau kesulitan tidur di malam hari sehingga mengganggu waktu tidur anda. Jika ingin tidur di siang hari, sebaiknya lakukanlah pada sore hari dengan durasi yang tidak lebih dari 30 menit saja.

Nah, sekarang kalian mengerti kan bahwa tidur memiliki peranan yang penting dalam tubuh manusia. Jadi gunakanlah waktu istirahat kalian dengan bijak dan benar ya agar tubuh terasa fresh setiap harinya. Dan hindari juga begadang di malam hari yang menyebabkan waktu tidur kalian terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *