Cara Mengatasi Panas Dalam Agar Segera Sembuh

Panas dalam merupakan kondisi dimana adanya gangguan seperti munculnya rasa terbakar yang terjadi di area tenggorokan dan sekitar dada. Bibir pecah-pecah dan sariawan merupakan salah satu gejala yang mengindikasikan bahwa kalian terkena panas dalam.

Panas dalam ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh, kelelahan, tubuh kekurangan cairan, serta faktor cuaca yang kurang baik. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan stress ternyata juga bisa memicu panas dalam, lho.

Cara Mengatasi Panas Dalam Agar Segera Sembuh

@cantikitu

1. Air Garam

Kandungan senyawa mineral alami dan sifat anti bakteri yang terdapat dalam air garam bisa membantu mengatasi panas dalam. Caranya yaitu:

  • Campurkan 2 sendok teh garam ke dalam air hangat
  • Lalu aduk sampai larut dan gunakan berkumur-kumur selama 5 menit
  • Lakukanlah kegiatan ini secara rutin pada saat malam hari sebelum tidur dan pagi hari sesudah bangun tidur agar panas dalam mudah teratasi.

2. Air Kelapa Muda

Kandungan isonotik yang terdapat dalam air kelapa muda dapat membantu menetralisir panas dalam dan menyegarkan tubuh kembali. Untuk membantu menyembuhkan panas dalam dengan air kelapa muda caranya yaitu minumlah air kelapa muda ini minimal 1 gelas sehari dan lakukanlah dalam kurun waktu 3 hari berturut-turut agar panas dalam segera teratasi.

3. Konsumsi Buah-Buahan Mengandung Vitamin C

Salah satu penyebab panas dalam yaitu kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Maka dari itu konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti Jeruk, Jambu Biji, Pepaya, dan lainnya secara rutin agar kalian terhindar dari panas dalam.

4. Baking Soda

Kandungan pH pada baking soda ternyata sangat tinggi dari kebutuhan pH yang diperlukan tubuh kita. Sehingga hal ini dapat membantu mengatasi panas dalam yang disebabkan oleh asam lambung. Caranya yaitu:

  • Campur 1 sendok teh baking soda dengan segelas air putih
  • Aduk-aduk hingga larut dan minumlah larutan tersebut
  • Ulangilah beberapa kali dalam sehari tapi jangan sampai lebih dari 7x dalam sehari
  • Minumlah secara rutin agar panas dalam cepat teratasi

5. Air Rebusan Rambut Jagung Muda

siapa sangka rambut jagung muda yang selama ini dianggap tidak berguna ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan panas dalam lho. Begini caranya:

  • Rebus satu genggam rambut jagung muda dengan 3 gelas air
  • Tunggu sampai mendidih dan air tersisa hanya kurang lebih 1 gelas
  • Setelah tercampur, saring dan pisahkan rambut jagung dari larutan tersebut
  • Setelah itu konsumsilah air rebusan rambut jagung muda tadi. Konsumsilah minimal 1x sehari agar panas dalam berkurang

6. Madu

Madu merupakan zat yang mampu melakukan reaksi alkali yaitu reaksi yang menetralisasi asam dengan cara membentuk garam. Oleh karena itu madu bisa menyembuhkan panas dalam karena mampu menetralkan asam lambung. Caranya yaitu dengan mencampur 2 sendok makan madu ke dalam air dingin tanpa es, lalu aduk menggunakan sendok plastik, dan minumlah air madu ini 2x sehari sebelum makan.

7. Kencur

Terdapat kandungan alami di dalam kencur yang berkhasiat untuk mengatasi panas dalam, melegakan tenggorokan dan membuat badan menjadi fit kembali. Kalau anda ingin mengobati panas dalam dengan kencur begini caranya:

  • Ambil 2 ruas kencur seukuran ibu jari lalu cuci kencur tersebut dan kupaslah. Setelah dikupas parut kencur sampai halus
  • Lalu peras kencur yang sudah dikupas tadi sampai menghasilkan sari
  • Campurkan sari perasan kencur tadi dengan setengah gelas air hangat
  • Minumlah ramuan ini rutin 2x sehari agar panas dalam cepat sembuh

Meskipun seringkali kita menganggap remeh panas dalam, namun jika tidak segera diobati dan dibiarkan akan dapat menimbulkan munculnya penyakit-penyakit lain yang lebih berbahay bagi tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *