Haciih… 7 Fakta Menarik Tentang Bersin Untuk Kesehatan Anda

infoinkamu.com – Bersin merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir kuman dan bakteri di daerah pernapasan yang dapat mengancam kesehatan. Hampir setiap orang pernah mengalami reaksi alami pada tubuh ini.

Kadang kita mengalami bersin hanya sekali, namun ada juga yang sampai 3x bahkan lebih dalam satu waktu bersin. Berikut ini akan saya sajikan 7 Fakta Menarik Tentang Bersin yang mungkin belum kalian ketahui.

7 Fakta Menarik Tentang Bersin Untuk Kesehatan Anda

@site.google

1. Saat Bersin, Mata Otomatis Terpejam

Hal ini terjadi karena reflek yang diperintah oleh otak untuk melakukan kontraksi otot di kelopak mata agar tertutup. Karena saraf-saraf di hidung terhubung dengan saraf-saraf di mata, maka ketika ada rangsang yang menyebabkan bersin mata akan otomatis menutup.

2. Jangan Menahan Bersin, Bahaya!

Bersin yang ditahan dapat menyebabkan bakteri masuk kembali ke dalam rongga hidung dan kanal telinga yang bisa menimbulkan infeksi bagi tubuh. Selain itu juga bisa memecahkan gendang telinga dan pembuluh nadi yang ada di kepala dan leher karena tekanan yang kuat masuk kembali ke dalam saluran pernapasan.

3. Saat Tidur Kita Tidak Akan Bersin

Pada saat kita tidur saraf di sekitar hidung, otot hidung akan lumpuh untuk sementara waktu. Jadi kecil kemungkinan kita akan bersin pada saat sedang tidur.

4. Detak Jantung Akan Melambat Saat Bersin

Saat merasa ada sesuatu yang menggelitik di dalam hidung, kita akan menarik napas dalam-dalam yang menyebabkan otot-otot di dada mengencang dan tekanan di paru-paru meningkat. Akibatnya selama sesaat tekanan darah turun dan detak jantung meningkat. Ketika kita menyemburkan udara saat bersin dengan cepat tekanan darah kembali normal dan otomatis detak jantung pun melambat.

5. Kecepatan Bersin Setara Dengan Mobil Yang Melaju Kencang

Kecepatan udara pada saat bersin bisa mencapai 160 kilometer per jam. Hal ini setara dengan kecepatan mobil saat melaju dengan kencang. Penelitian juga mengatakan bahwa makin besar tubuh seseorang, maka akan lebih tinggi pula kecepatan bersinnya.

6. Semburan Udara Dan Butiran Air Saat Bersin Bisa Mencapai Jarak 9 Meter

Semburan udara dan butiran air yg membawa banyak bakteri dan virus pada saat kita bersin dapat meluncur sejauh 9 meter loh. Jadi tutuplah mulut atau menyingkirlah saat akan bersin agar kuman-kuman yang keluar saat kalian  bersin tidak menyebar kemana-mana.

7. Bersin Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh Agar Tetap Sehat

Sama seperti komputer yg harus direboot saat kelelahan, hidung pun juga demikian. Partikel-partikel yang terhirup di hidung akan keluar pada saat bersin sehingga saluran pernapasan pun segar kembali.

Nah itulah 7 Fakta Menarik Tentang Bersin. Semoga dapat menambah pengetahuan untuk anda yang membacanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *