Cara Mengatasi dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

infoinkamu.com – Tenggorokan adalah organ tubuh yang termasuk dalam saluran pernapasan dan pencernaan. Karena letaknya yang dekat dengan mulut dan hidung yang menjadi pintu masuk bagi mikroorganisme, tenggorokan rentan mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Tak terkecuali anak-anak juga rentan terkena radang tenggorokan.

Cara Mengatasi dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengatasi dan Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak
@go-dok

Pengobatannya pun harus hati-hati mengingat kondisi anak-anak yang masih sensitif. Radang tenggorokan bisa terjadi karena hal-hal berikut ini.

~ Kesehatan Mulut Dan Gigi

Menjaga kesehatan mulut dan gigi sangat penting karena jika ada gigi yang berlubang dapat menyebabkan sakit yang berkelanjutan dan mengakibatkan radang tenggorokan.

~ Amandel

Amandel yang terinfeksi merupakan tempat berkumpulnya kuman sehingga menyebabkan tenggorokan sakit dan terjadi radang

~ Sinusitis

Jika anak mempunyai penyakit sinusitis maka lendir akan mengalir di bagian belakang tenggorokan dan di bagian belakang hidung. Hal ini yang menyebabkan terjadinya iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan radang.

Setelah mengetahui factor penyebab radang tenggorokan, berikut merupakan cara agar anak terhindar dari radang tenggorokan:

  1. Berikan minuman hangat dan makanan yang bertekstrur lembek/lunak.
  2. Biasakan untuk berkumur dengan air garam maupun obat kumur antiseptic
  3. Hindari memakan makanan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin
  4. Hindarkan anak-anak dari menghirup asap berbahaya seperti asap rokok
  5. Bila disertai demam beri minum yang cukup dan kompres memakai air hangat di kepala dan ketiak

 

Jika nak sudah terkena radang tenggorokan, maka obatilah dengan memakai beberapa obat alami seperti berikut

1. Madu

Kandungan anti jamur dan anti biotik pada madu mampu untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak. Selain itu juga karena madu memiliki rasa yang manis maka anak-anak akan lebih menyukainya.

2. Garam

Garam mengandung antibakteri yang dapat meredakan radang tenggorokan secara alami. Cara untuk mengobati radang tenggorokan menggunakan garam yaitu dengan mencampur sedikit garam dengan segelas air, lalu suruh anak untuk berkumur menggunakan air garam tersebut.

3. Jeruk alemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk lemon mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya yaitu peras jeruk lemon dan campur ke dalam segelas air hangat. Minumlah air ramuan ini secara rutin sampai radang tenggorokan sembuh.

Apabila kondisi anak makin parah dan radang teggorokannya tak kunjung sembuh maka sebaiknya bawalah pada dokter spesialisnya agar anak segera mendapat pertolongan yg tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *